PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN LOOSE PART DI KELAS ABU BAKAR RA AN-NISA YOGYAKARTA

Intan Chysara, NIM.: 17104030047 (2024) PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN LOOSE PART DI KELAS ABU BAKAR RA AN-NISA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN LOOSE PART DI KELAS ABU BAKAR RA AN-NISA YOGYAKARTA)
17104030047_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA (1).pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN LOOSE PART DI KELAS ABU BAKAR RA AN-NISA YOGYAKARTA)
17104030047_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR (1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah berubahnya kurikulum k13 menjadi kurikulum merdeka. Tujuan dalam penelitian adalah untuk mendeskripsikan penerapan dan faktor pendukung serta faktor penghambat media pembelajaran Loose Part di kelas Abu Bakar RA An-Nisa Yogyakarta. Media loose part sendiri diartikan sebagai media yang menggunakan bahan bekas sebagai bahan inovasi guru dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Adapun langkah-langkah pembelajaran diawali dari perencanaan pelaksanaan meliputi guru memulai dengan berdoa, mengajak anak bernyanyi dengan gerakan, menceritakan dongeng sederhana dan penyampaian kegiatan pembelajaran. Sedangkan evaluasi pembelajaran yaitu guru memberikan kebebasan kepada anak untuk berkreasi menggunakan media loose part. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media Loose Part di RA An-Nisa Yogyakarta terdiri dari beberapa langkah dalam penerapannya meliputi strategi yang dilakukan oleh guru pada pembelajaran menggunakan media loose part yaitu guru menyampaikan tema pembelajaran sesuai RPP yang telah dibuat seperti kedai jus kemudian menanyakan kepada anak bahan apa saja yang diperlukan. Setelah anak memilih guru memberikan kebebasan kepada anak untuk berkreasi hingga pada akhir waktu yang ditentukan anak melakukan persentasi atas hasil karya nya. Penerapan media ini mempunyai hambatan meliputi perubahan kurikulum yang membuat guru harus beradaptasi dalam menerapkan kurikulum Merdeka. Selanjutnya dari aspek pendukung media Loose Part ini terdiri dari perencanaan pembelajaran, mudah diperoleh di lingkungan anak, proses belajar dan mengajar sesuai dengan karakteristik anak RA yakni belajar sambil bermain serta anak lebih menyukai pembelajaran yang bersifat konkret atau nyata.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Nadlifah, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran; Loose Parts; RA An Nisa Yogyakarta
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372.21 Pendidikan Pra Sekolah/Pendidikan Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Widiyastut
Date Deposited: 05 Jul 2024 09:39
Last Modified: 05 Jul 2024 09:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65574

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum