KORELASI HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK TERHADAP PERILAKU SOSIAL SISWA KELAS IV MI NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA TAHUN 2023/2024

Muhammad Ilham Jauhari, NIM.: 20104080020 (2024) KORELASI HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK TERHADAP PERILAKU SOSIAL SISWA KELAS IV MI NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA TAHUN 2023/2024. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KORELASI HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK TERHADAP PERILAKU SOSIAL SISWA KELAS IV MI NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA TAHUN 2023/2024)
20104080020_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (KORELASI HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK TERHADAP PERILAKU SOSIAL SISWA KELAS IV MI NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA TAHUN 2023/2024)
20104080020_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pelajaran Akidah akhlak merupakan pelajaran yang mengajarkan siswa tentang nilai-nilai akhlak yang baik. Pengetahuan tentang nilai-nilai akhlak tersebut penting untuk ditanamkan dalam diri siswa agar mereka dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Akan tetapi hari ini banyak siswa yang memiliki akhlak yang kurang baik. Apakah hal itu disebabkan kurangnya pengetahuan siswa terhadap akhlak yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi hasil belajar akidah akhlak terhadap perilaku sosial siswa kelas IV MI Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode expost facto. Populasi dalam penelitian ini ialah siswa kelas IV MI Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta Kelas IV dengan jumlah 43 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu menggunakan sampling jenuh sebagai teknik pengambilan datanya. Karena subjeknya kurang dari 100 dan untuk meminimalisir kesalahan, maka akan lebih baik menjadikan seluruh populasi sebagai sampelnya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan angket perilaku sosial yang sebelumnya telah divalidasi oleh beberapa ahli, wawancara kepada guru, observasi lapangan dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul di uji menggunakan uji prasyarat analisis dengan uji normalitas dan uji linieritas. Karena data yang diperoleh terdistribusi normal dan linier maka menggunakan uji korelasi person untuk mengetahui korelasi dari hasil belajar terhadap perilaku sosial siswa. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa hasil belajar akidah akhlak memiliki korelasi sangat lemah/tidak berkorelasi terhadap perilkau sosial siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji korelasi person diperoleh r hitung = 0,158 < r tabel = 0,301 dan P-value (sig.) = 0.311 > 0.05. maka H0 diterima dan H1 ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak ada korelasi/hubungan yang positif dan signifikan antara hasil belajar akidah akhlak dengan perilaku sosial siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Jauhar Hatta, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Akidah Akhlak, Perilaku Sosial Siswa
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.8 Perilaku Siswa
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 05 Jul 2024 09:57
Last Modified: 05 Jul 2024 09:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65576

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum