PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP UP BOOK BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI BANGUN RUANG FASE A

Nurul Fauziah Agustin, NIM.: 20104080033 (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP UP BOOK BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI BANGUN RUANG FASE A. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP UP BOOK BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI BANGUN RUANG FASE A)
20104080033_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP UP BOOK BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI BANGUN RUANG FASE A)
20104080033_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berangkat dari adanya permasalahan yang timbul di lapangan dalam pembelajaran matematika di kelas Fase A. Cukup banyak siswa yang merasa kesulitan dalam mempelajari matematika, akibatnya siswa menjadi pasif. Hal tersebut disebabkan oleh belum tersedianya media pembelajaran yang dapat menunjang pembelajaran matematika di kelas. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran Pop Up Book Berbasis Contextual Teaching And Learning (CTL) berdasarkan penilaian ahli materi, ahli bahasa dan ahli media. Mengetahui respon dari peserta didik dan guru selaku calon pengguna, serta mengetahui hasil akhir dari media pembelajaran Pop Up Book Berbasis Contextual Teaching And Learning (CTL) . Adapun penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Four-D yang memiliki 4 tahapan yaitu, Define, Design, Develope, dan Dissemination. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket dengan skala pengukuran Likert guna mengetahui penilaian dari ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa, dan skala pengukuran Guttman dalam bentuk checklist untuk mengetahui respon calon pengguna terhadap media pembelajaran pop up book. Uji keterbacaan dan respon calon pengguna dilakukan kepada 9 peserta didik fase A dalam rentang usia 7-8 tahun dan 1 guru wali kelas. Data yang diperoleh merupakan data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penilaian dari para ahli dijumlahkan untuk masing-masing kategori atau kriteria penilaian kemudian dikalkulasikan berdasarkan penilaian ideal sehingga diketahui kelayakan media pembelajaran. Hasil penilaian oleh ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa secara keseluruhan memperoleh skor 81 serta termasuk dalam kategori "SB" (Sangat Baik). Sementara respon guru dan peserta didik memperoleh respon positif dengan penilaian persentase skor mencapai 100% dan termasuk dalam kategori ―Sangat Baik‖. Berdasarkan hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa media pembelajaran pop up book berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi bangun ruang fase A yang dikembangkan telah memenuhi standar kelayakan dan dapat dijadikan sebagai salah satu media pembelajaran matematika di sekolah. Produk didesain menggunakan aplikasi Canva dengan ukuran buku 22,5 x 22,5 cm. Adapun sistematika dari media pembelajaran PUBCTL ini adalah; cover depan, kata pengantar, daftar isi, Capaian Pembelajaran (CP) dan Tujuan Pembelajaran (TP), simbol komponen CTL, pengantar materi, materi, contoh-contoh penerapan materi, soal-soal kuis sederhana, rubrik penilaian siswa dan assesmen autentik, dan cover belakang (identitas pengembang). Pemilihan beragam warna dan objek gambar disesuaikan dengan usia peserta didik Fase A

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Endang Sulistyowati, M.Pd.I.
Uncontrolled Keywords: Bangun Ruang, Contextual Teaching and Learning, Media Pembelajaran, Pembelajaran Matematika, Pop Up Book
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.33 Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 05 Jul 2024 10:15
Last Modified: 05 Jul 2024 10:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65580

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum