PENGGUNAAN APLIKASI ZENIUS UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PADA TEMA UDARA BERSIH BAGI KESEHATAN PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR

Ayu Fortuna, NIM.: 17104080011 (2024) PENGGUNAAN APLIKASI ZENIUS UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PADA TEMA UDARA BERSIH BAGI KESEHATAN PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGGUNAAN APLIKASI ZENIUS UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PADA TEMA UDARA BERSIH BAGI KESEHATAN PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR)
17104080011_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (13MB) | Preview
[img] Text (PENGGUNAAN APLIKASI ZENIUS UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PADA TEMA UDARA BERSIH BAGI KESEHATAN PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR)
17104080011_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan Aplikasi Zenius dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas V SD Negeri Tegalrejo 1 Yogyakarta pada tema udara bersih bagi kesehatan. Pengetahuan mengenai tema udara bersih bagi kesehatan tersebut penting untuk dimiliki oleh peserta didik agar mengenal organ tubuh yang dimiliki yang berfungsi dalam sistem pernapasan. Penelitian ini dilakukan karena di SD Negeri Tegalrejo 1 Yogyakarta berdasarkan observasi yang dilakukan oleh peneliti pada tanggal 28 Agustus 2023, peserta didik kelas V tidak menunjukkan minat belajar pada pelajaran IPA khususnya pada materi sistem pernapasan. Hal tersebut ditunjukkan dengan sikap siswa yang tidak memiliki semangat, tidak antusias, tidak memberikan perhatian, dan kadang melakukan kesibukan yang lain ketika pelajaran IPA diajarkan oleh guru. Jika hal demikian diabaikan, maka hasil pembelajaran siswa akan menurun. Oleh karena itu, diperlukan suatu alternatif pembelajaran yang dapat meningkatkan minat belajar yang dimiliki oleh peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain Kelompok Tunggal Pre test – Perlakuan- Post Test. Penelitian ini dibatasi hanya untuk mengetahui pengaruh Aplikasi Zenius dalam meningkatkan minat belajar pada materi sistem pernapasan siswa kelas V SD Negeri Tegalrejo 1 Yogyakarta pada tema udara bersih bagi kesehatan. Penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 60 peserta didik kelas V di SD Negeri Tegalrejo 1 Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan minat belajar yang dimiliki oleh siswa pada pembelajaran tema udara bersih bagi kesehatan baik menggunakan aplikasi Zenius maupun tidak. Sehingga aplikasi Zenius tidak memberikan pengaruh terhadap minat belajar yang dimiliki oleh siswa. Hal tersebut menunjukkan bahwa kondisi minat belajar yang dimiliki oleh siswa baik sebelum dan sesudah diberikan perlakuan berupa aplikasi Zenius berada pada kategori yang hampir sama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Anita Ekantini, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Aplikasi Zenius; Minat Belajar; Tema Udara Bersih
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Widiyastut
Date Deposited: 05 Jul 2024 10:08
Last Modified: 05 Jul 2024 10:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65590

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum