PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA KURIKULUM MERDEKA BERBASIS iSPRING SUITE 9 MATA PELAJARAN IPAS KELAS V SEKOLAH DASAR

Shofi Salsabila Rahmawati, NIM.: 17104080041 (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA KURIKULUM MERDEKA BERBASIS iSPRING SUITE 9 MATA PELAJARAN IPAS KELAS V SEKOLAH DASAR. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA KURIKULUM MERDEKA BERBASIS iSPRING SUITE 9 MATA PELAJARAN IPAS KELAS V SEKOLAH DASAR)
17104080041_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA KURIKULUM MERDEKA BERBASIS iSPRING SUITE 9 MATA PELAJARAN IPAS KELAS V SEKOLAH DASAR)
17104080041_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Pemilihan media pembelajaran oleh guru untuk mata pelajaran IPAS masih kurang inovatif dalam memanfaatkan teknologi digital, sehingga peserta didik kurang tertarik. Belum adanya media pembelajaran interaktif yang dibuat untuk menunjang pembelajaran. Keterampilan dalam pengoprasian Microsoft PowerPoint dapat dimanfaatkan untuk membuat media pembelajaran yang kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis iSpring Suite 9 yang didalamnya memuat materi “Harmoni dalam Ekosistem”. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan atau Research and Development (R & D) dengan model ADDIE yang terdiri dari tahap analisis (Analysis), Desain (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation). Instrumen penilaian pengembangan berupa angket dengan skala pengukuran Likert untuk mengetahui penialain dua ahli yaitu ahli media dan ahli materi serta lembar kritik dan saran dari guru kelas V. Hasil penelitian pengembanangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Kurikulum Merdeka Berbasis Ispring Suite 9 Mata Pelajaran IPAS Kelas 5 Sekolah Dasar berdasarkan hasil penilaian ahli media menunjukkan skor persentase dengan kriteria layak digunakan, ahli materi menunjukkan skor persentase dengan kriteria layak digunakan serta guru kelas V menunjukkan skor peresentase dengan kriteria sangat layak digunakan. Respon peserta didik terhadap produk media pembelajaran interaktif berbasis iSpring Suite 9 baik. Berdasarkan hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif pada kurikulum merdeka berbasis iSpring Suite 9 pada kurikulum merdeka mata pelajaran IPAS Kelas 5 sekolah dasar yang dikembangkan telah memenuhi standar kelayakan dan dapat dijadikan sebagai salah satu media pembelajaran interaktif di sekolah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Alfian Eko Widodo Adi Prasetyo, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kurikulum Merdeka; IPAS; iSpring Suite 9
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Widiyastut
Date Deposited: 05 Jul 2024 11:29
Last Modified: 05 Jul 2024 11:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65604

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum