PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA MATERI SEGITIGA DAN SEGIEMPAT

Yazidul Khoir, NIM.:17106000018 (2024) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA MATERI SEGITIGA DAN SEGIEMPAT. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA MATERI SEGITIGA DAN SEGIEMPAT)
17106000018_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA (1).pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA MATERI SEGITIGA DAN SEGIEMPAT)
17106000018_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR (2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran matematika dengan pendekatan realistic mathematics education (RME) untuk memfasilitasi pemahaman konsep dan kemandirian belajar siswa pada materi segitiga dan segiempat. Penelitian ini didasari karena kemampuan pemahaman konsep dan kemandirian belajar siswa yang masih rendah. Hal tersebut dikarenakan dalam pembelajaran hanya menghafalkan rumus yang diberikan oleh guru. Modul pembelajaran dipilih agar siswa dapat belajar secara mandiri baik di dalam kelas maupun di luar kelas, sendiri ataupun berkelompok. Penelitian pengembangan ini mengadopsi model pengembangan PPE (Planning, Production, Evaluation). Uji coba produk dilakukan di SMP Muhammadiyah 3 Depok Yogyakarta. Adapun instrumen penilaian yang digunakan dalam penelitian ini meliputi: lembar penilaian validasi produk, angket respon siswa, angket kemandirian belajar, dan posttest. Kriteria ketercapaian modul pembelajaran yang dikembangkan yaitu mencapai kriteria valid, praktis dan efektif. Penelitian ini menghasilkan modul pembelajaran matematika yang berkualitas dan layak digunakan dalam pembelajaran pada materi segitiga dan segiempat. Modul pembelajaran telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Nurul Arfinanti, S. Pd. Si., M. Pd
Uncontrolled Keywords: Modul Pembelajaran; Realistic Mathematics Education (RME); Pemahaman Konsep; Kemandirian Belajar; Segitiga dan Segiempat.
Subjects: 500 Sains Murni > 510 Mathematics (Matematika) > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Widiyastut
Date Deposited: 05 Jul 2024 13:28
Last Modified: 05 Jul 2024 13:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65606

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum