IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJ ARAN SAVI (SOMATIS, AUDITORI, VISUAL, INTELLECTUAL) DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJ AR BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII A MTsN 10 SLEMAN TAHUN AJ ARAN 2023/2024

Arina Sabila Zulfa, NIM.: 18104020079 (2024) IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJ ARAN SAVI (SOMATIS, AUDITORI, VISUAL, INTELLECTUAL) DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJ AR BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII A MTsN 10 SLEMAN TAHUN AJ ARAN 2023/2024. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJ ARAN SAVI (SOMATIS, AUDITORI, VISUAL, INTELLECTUAL) DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJ AR BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII A MTsN 10 SLEMAN TAHUN AJ ARAN 2023/2024)
18104020079_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA (3).pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJ ARAN SAVI (SOMATIS, AUDITORI, VISUAL, INTELLECTUAL) DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJ AR BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII A MTsN 10 SLEMAN TAHUN AJ ARAN 2023/2024)
18104020079_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR (2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Madrasah Tsanawiyah merupakan lembaga pembelajaran formal yang mengacu pada kurikulum pendidikan nasional dengan mengedepankan pembelajaran agama islam. Dalam proses pembelajarannya, terutama dalam mata pelajaran bahasa Arab, peserta didik seringkali kesulitan dalam memahami pembelajaran karena dianggap salah satu pelajaran yang sulit dipahami, sehingga motivasi belajar bahasa Arab pada MTsN 10 Sleman termasuk dalam kategori rendah, setelah dilakukan analisis kemudian didapatkan beberapa faktor yang menyebabkan peserta didik kurang berminat dalam belajar bahasa Arab, salah satunya dikarenakan metode pembelajaran yang disampaikan oleh guru mata pelajaran bahasa Arab kurang efektif dalam meningkatkan minat belajar peserta didik. Untuk mengatasi kesulitan belajar tersebut, maka diterapkan salah satu metode pembelajaran berupa SAVI (Somatis, Auditori, Visual, Intellectual) dengan mengaktifkan seluruh indra peserta didik, sehingga pembelajaran bahasa Arab dapat lebih aktif dan efektif. Penelitian ini memfokuskan pada implementasi metode pembelajaran SAVI (Somatis, Auditori, Visual, Intellectual) dalam meningkatkan motivasi belajar bahasa Arab pada siswa kelas VIII A Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk Untuk mengetahui bagaimana implementasi metode pembelajaran SAVI (Somatis, Auditori, Visual, Intellectual) dalam meningkatkan motivasi belajar bahasa Arab siswa di MTsN 10 Sleman. Untuk mengetahui pengaruh pengaruh metode pembelajaran SAVI (Somatis Auditori Visual Intelektual) dalam meningkatkan motivasi belajar Bahasa Arah siswa di MTsN 10 Sleman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pretest posttest dan angket. Pretest dan posttest untuk mengukur kemampuan awal peserta didik dan peningkatan pada nilai belajar bahasa Arab. Sedangkan angket untuk memperoleh data tanggapan peserta didik mengenai metode pembelajaran SAVI (Somatis, Auditori, Visual, Intellectual) Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan yang positif serta signifikan antara metode pembelajaran SAVI (Somatis, Auditori, Visual, Intellectual) dengan motivasi belajar bahasa Arab kelas VIII A di MTsN 10 Sleman. Hasil hitung signifikasi 5% ternyata rhitung lebih besar daripada rtabel. Dengan demikian hipotesis antara metode pembelajaran SAVI (Somatis, Auditori, Visual, Intellectual) dengan motivasi belajar bahasa Arab kelas VIII A di MTsN 10 Sleman termasuk dalam kategori “sedang” positif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Zainal Arifin Ahmad., M.Ag
Uncontrolled Keywords: metode pembelajaran SAVI; motivasi
Subjects: 400 Bahasa > 490 Bahasa-Bahasa Lain > 492.707 6 Bahasa Arab - Metode Belajar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Widiyastut
Date Deposited: 05 Jul 2024 15:28
Last Modified: 05 Jul 2024 15:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65620

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum