EFEKTIVITAS PROGRAM RAMADAN 1444 H DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN ILMU NAHWU MA‘HAD UMAR BIN KHATTAB YOGYAKARTA

Adi Taufik Ridwan, NIM.: 19104020030 (2023) EFEKTIVITAS PROGRAM RAMADAN 1444 H DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN ILMU NAHWU MA‘HAD UMAR BIN KHATTAB YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PROGRAM RAMAD{A>N 1444 H DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN ILMU NAH{WU MA‘HAD UMAR BIN KHATTAB YOGYAKARTA)
19104020030_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA-1.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PROGRAM RAMAD{A>N 1444 H DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN ILMU NAH{WU MA‘HAD UMAR BIN KHATTAB YOGYAKARTA)
19104020030_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR-1.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Setiap lembaga pendidikan Bahasa Arab harus memperhatikan penggunaan bahan ajar, metode pembelajaran, dan waktu belajar yang efektif demi tercapainya tujuan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi dan efektivitas program intensif Ramad{a>n 1444 H dalam meningkatkan pemahaman ilmu nah{wu Ma‘had Umar bin Khattab Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field study) dengan pendekatan kuantitatif. Objek penelitian ini seluruh peserta kelas nah{wu dasar online dan offline program intensif Ramad{a>n 1444 H Ma‘had Umar bin Khattab Yogyakarta. Metode pengumpulan data meliputi tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan uji Paired Sample t Test dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) implementasi program intensif Ramad{a>n 1444 H dilakukan melalui tahap pendahuluan (persiapan pengajar), tahap inti (penyampaian materi), dan tahap penutup (evaluasi), (2) Pemahaman ilmu nah{wu pada peserta kelas nah{wu dasar meningkat setelah mengikuti program intensif Ramad}a>n 1444 H sebesar 29%, (3) Program intensif Ramad{a>n 1444 H efektif dalam meningkatkan pemahaman ilmu nah{wu peserta kelas nah{wu dasar berdasarkan hasil uji N-Gain (0,714 > 0,7) dan uji t-Test (Signifikansi 0,00 < 0,05).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Agung Setiyawan, S.Pd.I., M.Pd.I.
Uncontrolled Keywords: Efektivitas; Pembelajaran, Nahwu; Program Intensif; Bahasa Arab.
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Widiyastut
Date Deposited: 05 Jul 2024 16:00
Last Modified: 05 Jul 2024 16:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65627

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum