PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING DENGAN KONTEKS E-COMMERCE UNTUK MENCAPAI KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VIII PADA MATERI STATISTIKA

Kamila Wardah Putri Wiwitan, NIM.: 19104040054 (2024) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING DENGAN KONTEKS E-COMMERCE UNTUK MENCAPAI KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VIII PADA MATERI STATISTIKA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING DENGAN KONTEKS E-COMMERCE UNTUK MENCAPAI KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VIII PADA MATERI STATISTIKA)
19104040054_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING DENGAN KONTEKS E-COMMERCE UNTUK MENCAPAI KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VIII PADA MATERI STATISTIKA)
19104040054_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan Lembar kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Problem Based Learning (PBL) dengan konteks E-Commerce untuk mencapai kemampuan literasi matematis peserta didik kelas VIII pada materi statistika. Produk yang dikembangan berupa LKPD berbasis PBL dengan konteks E-Commerce pada materi statistika untuk mencapai kemampuan literasi matematis. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Develompent) dengan model pengembangan ADDIE (Analyze – Design – Develop – Implementation – Evaluation). Subjek uji coba produk untuk penilaian LKPD terdiri dari tiga ahli, sedangkan subjek implementasi dalam pembelajaran adalah peserta didik kelas VIII B MTs Negeri 4 Tasikmalaya tahun ajaran 2023/2024. Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah lembar penilaian LKPD, lembar respon peserta didik, dan lembar soal pretest dan posttest. Teknik analisis data dalam penelitian ini terdiri dari analisis data kualitatif dan kuantitatif untuk menganalisis kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan produk. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa: 1) LKPD berbasis PBL dengan konteks E-Commerce untuk mencapai kemampuan literasi matematis peserta didik kelas VIII dikembangakan dalam 5 tahap pengembangan menurut ADDIE; 2) Kualitas LKPD yang dikembangakn dinyatkan valid dengan nilai rata-rata validasi gabungan yaitu sebesar 86,33% dan memperoleh kriteria sangat valid. Respon peserta didik terhadap pembelajaran menggunakan LKPD ini memperoleh nilai rata-rata sebesar 83,39% sehingga LKPD ini dinyatakan praktis. Hasil tes kemampuan literasi matematis diperoleh nilai presentase ketuntasan sebesar 76,47% yang masuk pada kategori baik. Lalu setelah dilakukan uji N-Gain didapatkan nilai signifikasi 0,3949 yang menunjukkan bahwa pertumbuhan nilai berada pada kategori sedang jika diukur dari segi kemampuan literasi matematis. Berdasarkan nilai ketuntasan dan nilai N-gain yang diperoleh LKPD ini dinyatakan efektif. Dengan demikian, LKPD berbasis PBL dengan konteks E- Commerce ini memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif serta layak digunakan untuk mencapai kemampuan literasi matematis peserta didik kelas VIII pada materi statistika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Ibrahim, S.Pd., M.Pd
Uncontrolled Keywords: LKPD; Kemampuan Literasi Matematis; PBL; E-Commerce
Subjects: 500 Sains Murni > 510 Mathematics (Matematika) > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Widiyastut
Date Deposited: 08 Jul 2024 13:24
Last Modified: 08 Jul 2024 13:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65634

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum