ISTIKHDAM TARIQAH AL KAFIYYAH FI TATBIQ NAZARIYYAH AL ASMA' AL MU'RABAH WA AL MABNIYYAH FI FAHM AL QAWA'ID LI TULAB AL FASL AL SABI' BI AL MA'HAD AL ISLAMI BUMI CENDEKIA YOGYAKARTA

Arip Rachman Ritonga, NIM.: 20104020014 (2024) ISTIKHDAM TARIQAH AL KAFIYYAH FI TATBIQ NAZARIYYAH AL ASMA' AL MU'RABAH WA AL MABNIYYAH FI FAHM AL QAWA'ID LI TULAB AL FASL AL SABI' BI AL MA'HAD AL ISLAMI BUMI CENDEKIA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ISTIKHDAM TARIQAH AL KAFIYYAH FI TATBIQ NAZARIYYAH AL ASMA' AL MU'RABAH WA AL MABNIYYAH FI FAHM AL QAWA'ID LI TULAB AL FASL AL SABI' BI AL MA'HAD AL ISLAMI BUMI CENDEKIA YOGYAKARTA)
20104020014_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (ISTIKHDAM TARIQAH AL KAFIYYAH FI TATBIQ NAZARIYYAH AL ASMA' AL MU'RABAH WA AL MABNIYYAH FI FAHM AL QAWA'ID LI TULAB AL FASL AL SABI' BI AL MA'HAD AL ISLAMI BUMI CENDEKIA YOGYAKARTA)
20104020014_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan bagaimana tata cara penerapan, serta kelebihan dan kekurangan metode Al-kafiyah di ma’hadi al-islāmi Bumi Cendekia Yogyakarta. Penelitian dalam skripsi ini termasuk jenis penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan (observasi), wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data yang dilakukan penulis adalah analisis deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara langsung dan kuesioner tertulis dan kemudian dianalisis. Hasil penelitian ini adalah: (1) Pelaksanaan penerapan metode al-kāfiyah dilakukan dengan memberikan pelatihan terlebih dahulu kepada guru dan fasilitator oleh penulis buku, kemudian dipraktikkan kepada para siswa. (2) Berdasarkan hasil penerapan metode al-kāfiyah materi isim-isim mu’rab dan mabni diketahui bahwa terdapat perbedaan kecepatan penguasaan materi ajar bahasa Arab di antara para siswa walaupun mayoritas lebih paham dan memberikan pengaruh yang sangat baik terhadap mahārah qirāatul kutub. (3) Kelebihan dari metode al-kāfiyah yaitu praktis dan mudah digunakan dan dipahami, sistem penjabaran materi yang sederhana dan memudahkan dalam mengingat dan memahami materi, tampilan yang menarik dan menyenangkan, serta dapat memberikan pengaruh yang baik terhadap pemahaman para siswa terhadap bahasa Arab khususnya dalam mahārah fahmi al-qowā’di dan qirātul kutub al-arobiyyah. Adapun kekurangannya yaitu kurangnya penguasaan mufrodat asing yang di luar buku dan pengklasifikasian tingkatan pemahaman para siswa. Sehingga solusinya membutuhkan pembiasaan dan penambahan hafalan mufrodat di luar metode ini dan membuat pembagian kelas bagi para siswa sesuai dengan tingkatan kecepatan mereka dalam memahami materi isim-isim mu’rab dan mabni.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Prof., Dr., Maksudin.,M.Ag
Uncontrolled Keywords: Penerapan; metode al-kāfiyah; isim-isim mu’rab dan mabni, mahārotu al-qowā’id.
Subjects: 400 Bahasa > 490 Bahasa-Bahasa Lain > 492.77 Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Widiyastut
Date Deposited: 08 Jul 2024 14:22
Last Modified: 08 Jul 2024 14:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65682

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum