TAHLIL AL BUNUD ASILAH AL IKHTIBAR AL NAHA'I LI MADAH AL LUGHAH AL 'ARABIYYAH FI FASL AL RABI' FI MADRASAH MUHAMMADIYYAH AL IBTIDAIYYAH DEMANGAN LIL 'AM AL DIRASI 2023/2024 M

Putri Nabila Utami, NIM.: 20104020023 (2024) TAHLIL AL BUNUD ASILAH AL IKHTIBAR AL NAHA'I LI MADAH AL LUGHAH AL 'ARABIYYAH FI FASL AL RABI' FI MADRASAH MUHAMMADIYYAH AL IBTIDAIYYAH DEMANGAN LIL 'AM AL DIRASI 2023/2024 M. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TAHLIL AL BUNUD ASILAH AL IKHTIBAR AL NAHA'I LI MADAH AL LUGHAH AL 'ARABIYYAH FI FASL AL RABI' FI MADRASAH MUHAMMADIYYAH AL IBTIDAIYYAH DEMANGAN LIL 'AM AL DIRASI 2023/2024 M)
20104020023_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (TAHLIL AL BUNUD ASILAH AL IKHTIBAR AL NAHA'I LI MADAH AL LUGHAH AL 'ARABIYYAH FI FASL AL RABI' FI MADRASAH MUHAMMADIYYAH AL IBTIDAIYYAH DEMANGAN LIL 'AM AL DIRASI 2023/2024 M)
20104020023_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Sebelumnya telah dilakukan penelitian terhadap analisis tingkat kesukaran, indeks daya beda dan efektivitas pengecoh pada butir soal Ulangan Harian bahasa Arab di kelas IV SD Muhammadiyah tahun ajaran 2023/2024 dan didapatkan butir soal dengan kategori kurang baik. Oleh sebab itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas butir soal Sumatif Akhir Semester Bahasa Arab di Kelas IV SD Muhammadiyah Demangan Tahun Ajaran 2023/2024 dengan 5 kategori analisis yaitu, validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, indeks daya beda dan efektivitas pengecoh soal. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah lembar soal, lembar jawaban siswa, kisi – kisi, kunci jawaban dan lembar penilaian ahli. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Alat analisis data menggunakan aplikasi Iteman versi 4.3, Microsoft excel dan lembar penilaian ahli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa butir soal belum berkualitas secara sempurna dikarenakan masih terdapat beberapa butir soal dengan kategori rendah, dengan rincian (1) validitas, kategori validitas isi dari 3 aspek terdapat 21 soal dengan nilai 1, 15 soal dengan nilai 2, 44 soal dengan nilai 3, 77 soal dengan nilai 4 dan 67 soal dengan nilai 5. kategori validitas konstruk terdapat 93,3% atau 14 butir soal valid dan 6,67% atau 1 soal tidak valid. (2) reliabilitas, Nilai Alpha Sebesar 0,812 dengan kategori reliabilitas sangat tinggi. (3) tingkat kesukaran, (66,7%)10 soal sedang, (33,3%) 5 soal mudah. (4) daya pembeda, (60%) 9 soal sangat memuaskan, (20%) 3 soal memuaskan, (13,3%) 2 soal tidak memuaskan dan (6,7%) 1 soal sangat tidak memuaskan. (5), efektivitas pengecoh, (66,6) 10 soal baik, (13,3%) 2 soal revisi dan (20%) 3 soal tidak baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Zamakhsari, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Analisis; Bahasa Arab; Kualitas Butir Soal; Sumatif Akhir Semester; Sekolah Dasar
Subjects: 400 Bahasa > 490 Bahasa-Bahasa Lain > 492.77 Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Widiyastut
Date Deposited: 08 Jul 2024 14:47
Last Modified: 08 Jul 2024 14:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65684

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum