MANAJEMEN STRATEGI PERPUSTAKAAN DAERAH DALAM MENINGKATKAN BUDAYA LITERASI MASYARAKAT DI KABUPATEN KENDAL TAHUN 2024

Siti Nur Rondiyah, NIM.: 20104090059 (2024) MANAJEMEN STRATEGI PERPUSTAKAAN DAERAH DALAM MENINGKATKAN BUDAYA LITERASI MASYARAKAT DI KABUPATEN KENDAL TAHUN 2024. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN STRATEGI PERPUSTAKAAN DAERAH DALAM MENINGKATKAN BUDAYA LITERASI MASYARAKAT DI KABUPATEN KENDAL TAHUN 2024)
20104090059_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN STRATEGI PERPUSTAKAAN DAERAH DALAM MENINGKATKAN BUDAYA LITERASI MASYARAKAT DI KABUPATEN KENDAL TAHUN 2024)
20104090059_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya literasi masyarakat yang mana dalam indeks aktivitas literasi membaca (Alibaca) tahun 2019 dalam kategori aktivitas literasi rendah, yaitu berada di angka 37,32. Indeks pembangunan literasi masyarakat (IPLM) tahun 2022 Kabupaten Kendal mencapai angka 47,87 kategori rendah. Rendahnya kuantitas kunjungan pemustaka di perpustakaan dengan rerata 20 orang/hari. Perpustakaan yang baru diresmikan pada Februari 2022 mampu memberikan pelayanan yang lebih optimal kepada masyarakat Kabupaten Kendal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen strategi dan hasil dari manajemen strategi perpustakaan daerah dalam meningkatkan budaya literasi masyarakat Kabupaten Kendal. Metode kualitatif dipilih sebagai metode penelitian dengan teknik pengambilan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penentuan subjek penelitian ini berlandas pada kriteria 3M yakni memahami, mengalami, dan mengetahui terkait topik penelitian. Subjek dari penelitian ini meliputi: kepala bidang perpustakaan, subkoor pelayanan perpustakaan, subkoor pengelolaan perpustakaan, dan subkoor pembudayaan gemar membaca. Analisis data menggunakan teknik kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Selanjutnya dalam teknik keabsahan data, penulis menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang digunakan dalam peningkatan budaya literasi adalah melalui pengoptimalan program dan pelayanan yang menyeluruh di wilayah Kabupaten Kendal berdasarkan kebutuhan pemustaka. (1) Manajemen strategi perpustakaan daerah dalam meningkatkan budaya literasi masyarakat Kabupaten Kendal dilaksanakan dalam beberapa tahapan yakni tahap analisis gambaran pelayanan yang meliputi: analisis kebutuhan, perumusan program, dan perumusan kebijakan dalam bentuk rencana strategis dan rencana kerja. tahap pelaksanaan program, dan tahap monitoring dan evaluasi. (2) Hasil dari pelaksanaan manajemen strategi adalah terpenuhinya fasilitas dan pelayanan pemustaka di perpustakaan, banyak kegiatan yang dilaksanakan oleh masyarakat maupun penggiat literasi di perpustakaan sebagai wadah pengembangan kegiatan masyarakat berbasis literasi. Dapat dilihat juga dengan naiknya angka capaian dalam indeks pembangunan literasi masyarakat (IPLM) pada tahun-tahun berikutnya. Implikasi penelitian ini adalah manajemen strategi dibutuhkan untuk memberi gambaran masa depan tujuan yang dituju, sebagai alat bantu suatu organisasi dalam merekonsiliasi perubahan, menciptakan keefektifan suatu organisasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Nora Saiva Jannana, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Manajemen Strategi; Perpustakaan; Literasi
Subjects: 000 Ilmu Komputer, Ilmu Informasi, dan Karya Umum > 020 Ilmu Perpustakaan dan Informasi > 025.1 Administration and Library Management/Administrasi dan Manajemen Perpustakaan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Widiyastut
Date Deposited: 16 Jul 2024 15:24
Last Modified: 16 Jul 2024 15:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65702

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum