PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM KURIKULUM MERDEKA DI SD MUHAMMADIYAH PURWODININGRATAN 2

Nurfitriana Diah Sulistyaningrum, NIM.: 17104080027 (2024) PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM KURIKULUM MERDEKA DI SD MUHAMMADIYAH PURWODININGRATAN 2. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM KURIKULUM MERDEKA DI SD MUHAMMADIYAH PURWODININGRATAN 2)
17104080027_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM KURIKULUM MERDEKA DI SD MUHAMMADIYAH PURWODININGRATAN 2)
17104080027_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran berdiferensiasi pada aspek konten, proses, dan produk di SD Muhammadiyah Purwodiningratan 2. Penelitian memberikan manfaat tentang bagaimana pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi pada aspek konten, proses, dan produk berdasar kesiapan belajar, gaya belajar, dan minat belajar. Metode penelitian kualitatif deskriptif, proses pengumpulan data melalui wawancara, obervasi, dan studi dokumen yang bertempat di Kelas 2 SD Muhammadiyah Purwodiningratan 2 melibatkan 19 peserta didik. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik. Data yang didapat diolah melalui proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian pembelajaran berdiferensiasi di SD Muhammadiyah Purwodiningratan 2 menunjukkan: 1) Diferensiasi konten berupa menyediakan materi dan soal dengan tingkat kesulitan yang beragam sesuai dengan kesiapan belajar peserta didik dan menyiapkan sumber belajar yang beragam sesuai dengan gaya belajar peserta didik. 2) Diferensiasi proses berupa pelaksanaan aktivitas belajar yang beragam sesuai dengan kesiapan belajar dan gaya belajar peserta didik. 3) Diferensiasi produk berupa penyajian hasil belajar yang disesuaikan dengan proses belajar yang dilaksanakan peserta didik. Pembelajaran berdiferensiasi pada aspek konten, proses, dan produk berdasar kesiapan belajar dan gaya belajar sudah terlaksana cukup baik. Sedangkan pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi pada aspek konten, proses, dan produk berdasar minat belajar peserta didik belum pernah terlaksana.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Mohamad Agung Rokhimawan, M.Pd
Uncontrolled Keywords: kebutuhan belajar; kurikulum merdeka; pembelajaran berdiferensiasi.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 375 Kurikulum Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 09 Jul 2024 08:28
Last Modified: 09 Jul 2024 08:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65714

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum