PENGARUH MEDIA WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB KELAS II DI MI BAIQUNIYYAH JEJERAN

Nida’ul Mufidah, NIM.: 17104080061 (2024) PENGARUH MEDIA WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB KELAS II DI MI BAIQUNIYYAH JEJERAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH MEDIA WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB KELAS II DI MI BAIQUNIYYAH JEJERAN)
17104080061_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH MEDIA WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB KELAS II DI MI BAIQUNIYYAH JEJERAN)
17104080061_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan yang diangkat pada penelitian ini ada satu yaitu apakah ada pengaruh penggunaan media wordwall untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran bahasa Arab kelas II di MI Baiquniyyah Jejeran. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian berupa eksperimen semu (quasi exsperiment) dan menggunakan One-Group Pretest-Posttest Design sebagai desain penelitian. Pembatasan pada penelitian ini hanya untuk mengukur seberapa pengaruh penggunaan media Wordwall untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pelajaran bahasa Arab kelas II di MI Baiquniyyah Jejeran. Instrumen penilaian berupa tes pretest posttest. Sample yang digunakan adalah 40 peserta didik yang berasal dari kelas II MI Baiquniyyah Jejeran. Data yang didapatkan yaitu data kuantitatif dimana selanjutnya dilakukan analisis untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan media wordwall. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar bahasa Arab peserta didik kelas II MI Baiquniyyah Jejeran memiliki perbedaan rata-rata peningkatan hasil belajar dimana tampak pada rata-rata nilai posttest sebesar 77,87 lebih besar dari nilai pretest sebesar 64,37. Maka demikian penggunaan media wordwall berpengaruh untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran bahasa Arab di MI Baiquniyyah Jejeran dibuktikkan dengan Uji Paired Sample T-Test menunjukkan nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,000 ˂ 0,05 yang berarti

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Eko Suhendro, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: wordwall; hasil belajar; media pembelajaran
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.33 Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 09 Jul 2024 08:33
Last Modified: 09 Jul 2024 08:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65715

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum