PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TRANFORMATIF DAN KEPEMIMPINAN DIGITAL TERHADAP KOMPETENSI MANAJERIAL GURU DAN TENAGA KEPENDIDIKAN DI SD ISLAM AL-AZHAR 38 BANTUL

Sulfiani, NIM.: 22204091027 (2024) PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TRANFORMATIF DAN KEPEMIMPINAN DIGITAL TERHADAP KOMPETENSI MANAJERIAL GURU DAN TENAGA KEPENDIDIKAN DI SD ISLAM AL-AZHAR 38 BANTUL. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TRANFORMATIF DAN KEPEMIMPINAN DIGITAL TERHADAP KOMPETENSI MANAJERIAL GURU DAN TENAGA KEPENDIDIKAN DI SD ISLAM AL-AZHAR 38 BANTUL)
22204091027_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TRANFORMATIF DAN KEPEMIMPINAN DIGITAL TERHADAP KOMPETENSI MANAJERIAL GURU DAN TENAGA KEPENDIDIKAN DI SD ISLAM AL-AZHAR 38 BANTUL)
22204091027_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Gaya kepemimpinan kepala sekolah merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi upaya pengembangan kapasitas sumber daya manusia (SDM) di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan transformatif dan kepemimpinan digital terhadap kompetensi manajerial guru dan tenaga kependidikan di SD Islam Al-Azhar 38 Bantul. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu semua guru dan tenaga kependidikan yang berjumlah 34 responden. Teknik dalam pengambilan data menggunakan angket, dan dokumentasi. Uji validasi instrumen dilakukan dengan pembuktian validasi isi dengan Aiken V dan validasi konstruk menggunakan Confirmatory Factor Analysis (CFA), sedangkan uji reabilitas menggunakan metode Cronbach Alpha dengan bantuan aplikasi JASP versi 0.18.1.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) gaya kepemimpinan transformatif dan kepemimpinan digital berpengaruh terhadap kompetensi manajerial guru dengan nilai r2 sebesar 0,853 dan nilai p value sebesar 0.001<0.05 artinya pada variabel gaya kepemimpinan transformatif dan kepemimpinan digital berkontribusi sebesar 85.3% terhadap kompetensi manajerial guru, (2) gaya kepemimpinan transformatif dan kepemimpinan digital berpengaruh terhadap kompetensi manajerial tenaga kependidikan dengan nilai r2 sebesar 0,878 dan nilai p value sebesar 0.001<0.05 artinya pada variabel gaya kepemimpinan transformatif dan kepemimpinan digital berkontribusi sebesar 87.8% terhadap kompetensi manajerial tenaga kependidikan. Temuan ini menguatkan pentingnya peran positif dari gaya kepemimpinan transformatif dan kepemimpinan digital dalam meningkatkan kemampuan manajerial guru dan tenaga kependidikan di SD Islam Al-Azhar 38 Bantul.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Shaleh, S.Ag., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Gaya Kepemimpinan Transformatif; Kepemimpinan Digital; Kompetensi Manajerial Guru dan Tenaga Kependidikan
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S-2) > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Widiyastut
Date Deposited: 09 Jul 2024 08:49
Last Modified: 09 Jul 2024 08:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65720

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum