PENGARUH POLA ASUH TERHADAP PERILAKU DISKRIMINATIF ANAK USIA 4-6 TAHUN PERSEPSI ORANG TUA DI DESA KERTOMULYO KECAMATAN TRANGKIL KABUPATEN PATI

Zahro Aulia, NIM.: 20104030032 (2024) PENGARUH POLA ASUH TERHADAP PERILAKU DISKRIMINATIF ANAK USIA 4-6 TAHUN PERSEPSI ORANG TUA DI DESA KERTOMULYO KECAMATAN TRANGKIL KABUPATEN PATI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH POLA ASUH TERHADAP PERILAKU DISKRIMINATIF ANAK USIA 4-6 TAHUN PERSEPSI ORANG TUA DI DESA KERTOMULYO KECAMATAN TRANGKIL KABUPATEN PATI)
20104030032_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH POLA ASUH TERHADAP PERILAKU DISKRIMINATIF ANAK USIA 4-6 TAHUN PERSEPSI ORANG TUA DI DESA KERTOMULYO KECAMATAN TRANGKIL KABUPATEN PATI)
20104030032_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Teori ekologi Urie Bronfenbrenner menyatakan bahwa lingkungan merupakan faktor penting dalam pembentukan perilaku anak. Hal ini termasuk interaksi dan hubungan antar anak, serta lingkungan di sekitar mereka. Penulisan ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh pola asuh orang tua terhadap perlaku diskriminatif pada anak usia 4-6 tahun di Desa Kertomulyo Kecamatan Trangkil Kabupaten Pati. Penulisan ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Tujuannya adalah untuk mengetahui hubungan antara pola asuh orang tua dan perilaku diskriminatif anak usia 4-6 tahun. Sebanyak 30 orang tua di Desa Kertomulyo, Kecamatan Trangkil, Kabupaten Pati dipilih sebagai responden. Data dikumpulkan melalui kuesioner online dan diolah menggunakan aplikasi SPSS versi 25. Kuesioner terdiri dari dua belas pertanyaan untuk variabel pola asuh orang tua dan sebelas pertanyaan untuk variabel perilaku diskriminatif anak. Penulisan di Desa Kertomulyo, Pati, menunjukkan bahwa pola asuh orang tua memiliki pengaruh terhadap perilaku diskriminatif anak usia empat hingga enam tahun. Hasil analisis menunjukkan hubungan cukup kuat kedua variabel tersebut. Sebesar 20,7% perilaku diskriminatif anak dipengaruhi oleh pola asuh orang tua. Hal ini dibuktikan dengan nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,455 dan nilai R Squere 0,207. Uji hipotesis menunjukkan bahwa pola asuh orang tua berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku diskriminatif anak. Nilai signifikansi (0,012) lebih kecil dari 0,05, dan nilai

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Hafidh ‘Aziz, S.Pd.I., M. Pd.I.
Uncontrolled Keywords: Parenting Patterns; Discrimination; Early Childhood
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 360 Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial > 362.82 Hubungan Orang Tua- Anak
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372.21 Pendidikan Pra Sekolah/Pendidikan Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 10 Jul 2024 12:03
Last Modified: 10 Jul 2024 12:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65787

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum