PENGARUH KUALITAS LAYANAN PERPUSTAKAAN DIGITAL (iMagelangKota) TERHADAP MINAT BACA PEMUSTAKA DI PERPUSTAKAAN KOTA MAGELANG

Mahmud Diansah, NIM.: 19101040114 (2023) PENGARUH KUALITAS LAYANAN PERPUSTAKAAN DIGITAL (iMagelangKota) TERHADAP MINAT BACA PEMUSTAKA DI PERPUSTAKAAN KOTA MAGELANG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH KUALITAS LAYANAN PERPUSTAKAAN DIGITAL (iMagelangKota) TERHADAP MINAT BACA PEMUSTAKA DI PERPUSTAKAAN KOTA MAGELANG)
19101040114_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (522kB) | Preview
[img] Text (PENGARUH KUALITAS LAYANAN PERPUSTAKAAN DIGITAL (iMagelangKota) TERHADAP MINAT BACA PEMUSTAKA DI PERPUSTAKAAN KOTA MAGELANG)
19101040114_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan, untuk: 1) Mengetahui persepsi pemustaka terhadap layanan perpustakaan digital iMagelangKota di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Magelang. 2) Mengetahui tingkat minat baca Dinas Perputakaan dan Kearsipan Kota Magelang dengan menggunakan layanan perpustakaan digital iMagelangKota. 3) Mengetahui pengaruh kualitas layanan perpustakaan digital iMagelangKota terhadap minat baca di Dinas Perputakaan dan Kearsipan Kota Magelang. 4) Mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas layanan perpustakaan digital iMagelangKota terhadap minat baca pemustaka di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Magelang. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah pemustaka di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Magelang. Objek penelitiannya adalah layanan perpustakaan digital iMagelangKota. Populasi dari penelitian ini sebesar 3.192 pengguna aplikasi iMagelangKota. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan menggunakan rumus slovin. Pengumpulan data utama dilakukan menggunakan kuesioner atau angket sedangkan pengumpulan data tambahan dilakukan dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian adalah 1) Penilaian responden terhadap kualitas layanan perpustakaan digital iMagelangKota berdasarkan nilai rata-rata keseluruhan diketahui bahwa nilai variabel kualitas layanan perpustakaan digital iMagelangKota sebesar 3,37 yang artinya variabel tersebut dapat dikategorikan sangat baik. 2) Penilaian responden terhadap minat baca pemustaka 3,21 yang termasuk kategori baik. 3) Pengaruh dari kualitas layanan perpustakaan digital iMagelangKota terhadap minat baca di DISPERPUSIP Kota Magelang berdasarkan analisis data statistik deskriptif diketahui bahwa nilai t hitung sebesar 5,415 dengan nila Sig. 0,001 < 0,05 yang artinya kualitas layanan perpustakaan digital iMagelangKota berpengaruh signifikan terhadap minat baca pemustaka di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Magelang. Hasil tersebut menunjukkan bahwa thitung sebesar 5,415 dengan nila Sig. 0,001 < 0,05 yang artinya kualitas layanan perpustakaan digital iMagelangKota berpengaruh terhadap minat baca pemustaka di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Magelang dengan kata lain hipotesisnya menghasilkan Ho ditolak dan Ha diterima. 5) Hasil dari uji regresi linier sederhana dapat menjelaskan besarnya nilai korelasi atau hubungan yaitu R sebesar 0,486 dari output diperoleh koefisien determinasi atau R Squer sebesar 0,236 yang mengandung pengertian bahwa pengaruh kualitas layanan perpustakaan digital iMagelangKota terhadap minat baca sebesar 23,6%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Anis Masruri, S.Ag., S.S., M.Si.
Uncontrolled Keywords: kualitas layanan; perpustakaan digital; iMagelangKota, minat baca
Subjects: 000 Ilmu Komputer, Ilmu Informasi, dan Karya Umum > 020 Ilmu Perpustakaan dan Informasi > 025.042 Digital Library/Perpustakaan Digital
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Ilmu Perpustakaan (S1)
Depositing User: Widiyastut
Date Deposited: 09 Jul 2024 15:32
Last Modified: 09 Jul 2024 15:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65793

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum