EFEKTIVITAS PENDEKATAN EDUCATION FOR SUSTAINABLE DEVELOPMENT DALAM MENINGKATKAN LITERASI LINGKUNGAN KELAS V MIN 2 BANTUL

Tia Miftakhurrohmah, NIM.: 20104080002 (2024) EFEKTIVITAS PENDEKATAN EDUCATION FOR SUSTAINABLE DEVELOPMENT DALAM MENINGKATKAN LITERASI LINGKUNGAN KELAS V MIN 2 BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PENDEKATAN EDUCATION FOR SUSTAINABLE DEVELOPMENT DALAM MENINGKATKAN LITERASI LINGKUNGAN KELAS V MIN 2 BANTUL)
20104080002_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PENDEKATAN EDUCATION FOR SUSTAINABLE DEVELOPMENT DALAM MENINGKATKAN LITERASI LINGKUNGAN KELAS V MIN 2 BANTUL)
20104080002_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan literasi lingkungan peserta didik masih rendah dibuktikan dengan kurangnya menjaga lingkungan sekitar sekolah. Dengan demikian perlu adanya pendekatan pembelajaran yang dapat diimplementasikan oleh guru agar pembelajaran tidak hanya bergantung pada teori saja tetapi peserta didik juga terlibat langsung dengan melakukan praktik dan pembelajaran juga dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari, sehingga pembelajaran lebih bermakna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pendekatan ESD dalam meningkatkan literasi lingkungan kelas V MIN 2 Bantul. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain non equivalent control group design. Populasi penelitian yaitu peserta didik kelas V MIN 2 Bantul. Sampel penelitian yaitu seluruh populasi penelitian (kelas VA dan kelas VB). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi literasi lingkungan dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dengan pendekatan ESD. Teknik analisis data menggunakan Uji Independent Samples T Test dan Uji N-Gain Score. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan Education for Sustainable Development kurang efektif dalam meningkatkan literasi lingkungan, hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil nilai rata-rata pretest dan posttest yaitu 40,28 – 36,24 = 4,04, hasil uji Independent Samples T Test dengan nilai sig. 0,000 < 0.05 artinya Ha diterima dan H0 ditolak. Berdasarkan nilai rata-rata N-Gain (%) diperoleh hasil sebesar 42,04%, artinya penggunaan pendekatan ESD pada kelas eksperimen kurang efektif dalam meningkatkan literasi lingkungan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Anita Ekantini, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Literasi Lingkungan; Pendekatan ESD
Subjects: 000 Ilmu Komputer, Ilmu Informasi, dan Karya Umum > 020 Ilmu Perpustakaan dan Informasi > 025.524 Literasi Informasi
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 09 Jul 2024 15:35
Last Modified: 09 Jul 2024 15:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65794

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum