PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA ARAB DENGAN TEORI KONSTRUKTIVISME BERBASIS ANDROID DI MTS DARUL HIKMAH BANGKO

Nurhikmah Sani, NIM.: 22204021033 (2024) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA ARAB DENGAN TEORI KONSTRUKTIVISME BERBASIS ANDROID DI MTS DARUL HIKMAH BANGKO. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA ARAB DENGAN TEORI KONSTRUKTIVISME BERBASIS ANDROID DI MTS DARUL HIKMAH BANGKO)
22204021033_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA ARAB DENGAN TEORI KONSTRUKTIVISME BERBASIS ANDROID DI MTS DARUL HIKMAH BANGKO)
22204021033_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Bahan ajar merupakan sumber materi dari sebuah pembelajaran begitu pun dengan bahan ajar bahasa Arab menjadi acuan dan batasan materi selama melakukan proses belajar mengajar di kelas, bahan ajar disusun secara sistematis dan sesuai dengan KD&KI kurikulum 2013. Teori Konstruktivisme merupakan teori pembelajaran yang mendorong siswa untuk dapat belajar secara mandiri, dan materi yang diberikan kepada siswa diambil dari aspek sosial, dalam teori Konstruktivisme guru hanya menjadi pendukung atau mendorong siswa dalam pembelajaran, agar siswa dapat belajar secara mandiri. Siswa kelas VII MTs Darul Hikmah Bangko tidak memiliki bahan ajar bahasa Arab yang akan digunakan selama proses pembelajaran bahasa Arab berlangsung yang mengakibatkan kurang maksimal hasil pembelajaran bahasa Arab. Peneliti bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar bahasa Arab dengan Teori konstruktivisme berbasis Android kepada siswa kelas VII MTs Darul Hikmah Bangko, mengetahui hasil respon siswa terhadap bahan ajar yang telah di implementasikan, mengetahui efektivitas dari penggunaan bahan ajar bahasa Arab dengan Teori konstruktivisme berbasis Android di MTs Darul Hikmah Bangko. Metode penelitian R&D (Reserch and development) yang menggunakan model ADDIE (Analyze Design Development Implementation Evaluation). Peneliti menggunakan teknik observasi, wawanvara, kuesioner, Dokumentasi dalam mengumpulkan data. Subjek penelitian ini yaitu berjumlah 19 siswa, peneliti menggunakan Quasi eksperimen. Dalam melakukan teknik analisis data menggunakan Teknik analisis Persentase, uji validitas, uji reabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t. Bahan ajar bahasa Arab dengan Teori Konstruktivisme telah melewati tahapan Validasi Ahli (Ahli media dan Ahli Materi), Adapun evaluasi yang diberikan Validator Ahli ialah: menyesuaikan tulisan bahasa Arab dengan kaidah penulisan bahasa dengan benar, penulisan dalam bahasa Indonesia sesuai dengan EYD. Peneliti melakukan tes respon yang diambil dari hasil kuesioner Adapun hasilnya 91.16% yang memiliki kategori sangat baik. Peneliti juga melakukan uji N-Gain untuk mengetahui keefektifan bahan ajar yang di implementasikan pada siswa kelas VII MTs Darul Hikmah Bangko, adapun hasil yang diperoleh yaitu bahan ajar bahasa Arab dengan teori Konstruktivisme efektif atau dapat digunakan oleh siswa kelas VII.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Dailatus Syamsiyah, S.Ag., M. Ag.
Uncontrolled Keywords: teaching materials; Arabic; constructivism theory; android
Subjects: 400 Bahasa > 490 Bahasa-Bahasa Lain > 492.77 Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 15 Jul 2024 11:11
Last Modified: 15 Jul 2024 11:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65881

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum