IMPLEMENTASI PENGELOLAAN PEMBELAJARAN MELALUI PENGEMBANGAN KURIKULUM DI SD MUHAMMADIYAH GENDOL IV

Siti Fatimah, NIM.: 17104080029 (2024) IMPLEMENTASI PENGELOLAAN PEMBELAJARAN MELALUI PENGEMBANGAN KURIKULUM DI SD MUHAMMADIYAH GENDOL IV. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PENGELOLAAN PEMBELAJARAN MELALUI PENGEMBANGAN KURIKULUM DI SD MUHAMMADIYAH GENDOL IV)
17104080029_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PENGELOLAAN PEMBELAJARAN MELALUI PENGEMBANGAN KURIKULUM DI SD MUHAMMADIYAH GENDOL IV)
17104080029_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kompetensi pedagogik menjadi faktor penunjang guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran sehingga mutlak dimiliki seorang guru. Termasuk di dalamnya berkaitan dengan kurikulum. Guru menjadi salah pengembang dan pelaksanak kurikulum. Sehingga kurikulum menjadi hal yang tak kalah penting di dunia pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pengelolaan pembelajaran melalui pengembangan kurikulumdi SD Muhammadiyah Gendol IV. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian guru kelas 1 sampai kelas 6 di SD Muhammadiyah Gendol IV. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teori Milles dan Huberman yang meliputi tiga tahapan yaitu reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk pemeriksaan keabsahan data menggunakan uji kredibilitas trianggulasi sumber dan teknik. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa dalam kegiatan pengembangan kurikulum setidaknya ada 3 (tiga) tahap yang dilalui, yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Akan tetapi berdasarkan hasil penelitian di SD Muhammadiyah Gendol IV, dari ketiga tahap tersebut, masih terdapat banyak kekurangan yang ditemukan. Sehingga diperlukan adanya perbaikan ke depannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Inggit Dyaning Wijayanti, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kompetensi, Kurikulum, Pembelajaran
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 375 Kurikulum Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 16 Jul 2024 08:37
Last Modified: 16 Jul 2024 08:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65932

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum