MEDIA REALIA DALAM PENGENALAN KOSAKATA PADA ANAK KELOMPOK A TK PIRI NITIKAN UMBULHARJO YOGYAKARTA

Okta Viani Kusuma Ningrum, NIM.: 18104030034 (2024) MEDIA REALIA DALAM PENGENALAN KOSAKATA PADA ANAK KELOMPOK A TK PIRI NITIKAN UMBULHARJO YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MEDIA REALIA DALAM PENGENALAN KOSAKATA PADA ANAK KELOMPOK A TK PIRI NITIKAN UMBULHARJO YOGYAKARTA)
18104030034_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (MEDIA REALIA DALAM PENGENALAN KOSAKATA PADA ANAK KELOMPOK A TK PIRI NITIKAN UMBULHARJO YOGYAKARTA)
18104030034_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya anak dalam mengenal kosakata Kelompok A di TK Piri Nitikan. Tujuan penelitian ini untuk : (1) Pengenalan kosakata pada anak (2) Penenerapan media realia untuk pengenalan kosakata pada anak (3) Faktor yang mempengaruhi kosakata anak. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini meliputi : Pendidik,, Orang Tua, Anak kelompok A TK Piri Nitikan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Steknik analasis data dilakuakan dengan reduksi data, display data, dan verifiksi data. Sedangkan teknik uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kosakata anak Kelompok A di TK Piri Nitikan belum banyak yang menguasai yaitu sperti kosakata dasar, kosakata benda, kosakata sifat dan kosakata ulang. (2) faktor yang menyebabkan anak belum menguasai kosakata di Kelompok A di TK Piri Nitikan yaitu kesehatan, hubungan dengan teman sebaya dan keadaan sosial ekonomi; (3) Penerapan media realia dalam mengenalkan kosakata Kelompok A di TK Piri Nitikan yaitu menggunakan media audio, visual, audio visual, mengajak anak untuk belajar dari benda nyata merasakan dan melihat langsung dalam setiap kesempata belajarnya, memperhatikan kesiapan belajar seperti menanyakan bagaimana kond isinya hari ini, Dari semua penerapan tersebut, penerapan menggunakan realia berpengaruh dalam mengenalkan kosakata pada anak Kelompok A TK Piri Nitikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Ichsan, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Media Realia, Kosakata, Pendidikan Anak Usia Dini
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.33 Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 16 Jul 2024 08:46
Last Modified: 16 Jul 2024 08:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65934

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum