PENGEMBANGAN MEDIA FLASH CARD BAHAN BAMBU DALAM MENINGKATKAN PENGENALAN ANGKA DAN HURUF PADA ANAK USIA DINI

Ulfadillah, NIM.: 22204031028 (2024) PENGEMBANGAN MEDIA FLASH CARD BAHAN BAMBU DALAM MENINGKATKAN PENGENALAN ANGKA DAN HURUF PADA ANAK USIA DINI. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA FLASH CARD BAHAN BAMBU DALAM MENINGKATKAN PENGENALAN ANGKA DAN HURUF PADA ANAK USIA DINI)
22204031028_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA FLASH CARD BAHAN BAMBU DALAM MENINGKATKAN PENGENALAN ANGKA DAN HURUF PADA ANAK USIA DINI)
22204031028_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya media yang menarik dan penggunaan media yang monoton dalam mengenalkan angka dan huruf kapada anak usia dini. Hal ini membuat para peserta didik menjadi cepat merasa bosan dan tidak bersemangat mengikuti kegiatan pembelajaran. Berawal dari permasalahan tersebut peneliti mengembangkan media flash card berbahan bambu yang dapat digunakan untuk mengenalkan angka dan huruf kepada anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan media pembelajaran yang dapat digunakan dalam jangka panjang sebagai bahan ajar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, design, development, implementation, evaluation). Jenis metode penelitian metode eksperimen one-group pretest postest design dengan uji paired sample test-t . Jenis penelitian menggunakan Mix Method gabungan dari penelitian kuantitatif dan kualitatif. Subjek penelitian 11 peserta didik Tk Miftahul Hidayah(Uji coba skala kecil) dan 15 peserta didik kelompok B di Tk Nurul Karomah (Uji coba Skala besar). Teknik pengumpulan data terdiri dari hasil observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Teknik analisis data Uji Paired Sample Test-T dengan bantuan perhitungan BIM SPSS. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa telah dihasilkan produk berupa Media Flash card bambu untuk mengenalkan angka dan huruf pada anak usia dini. Selain itu adapun perolehan kelayakan produk validasi ahli materi rata-rata 92,73%, dan Validasi Media 94,28 %. Sedangkan penilaian respon Guru di Tk Miftahul Hidayah diperoleh 90 %, sedangkan di Tk Nurul Karomah mendapatkan 86 %. Penilaian respon lembar ceklis respon murid di Tk Miftahul Hidayahterhadap media memperoleh skor 85,45% dan di Tk Nurul Karomah memperoleh Skor 84 %. Maka dapat disimpulkan bahwa media video animasi Pop-up book ini layak digunakan. Uji Paired Sample Test-T yang digunakan untuk mengetahui adanya pengaruh media flash card berbahan bambu adapun hasilnya adanya pengaruh yang baik dalam meningkatkan dan mengenalkan angka dan huruf anak usia dini.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Prof. Dr. H. Suyadi, S.Ag,. M.A
Uncontrolled Keywords: Lerarning Media; Flash card; Bamboo; aktivitas belajar
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.33 Media Pembelajaran
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372.21 Pendidikan Pra Sekolah/Pendidikan Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 16 Jul 2024 09:39
Last Modified: 16 Jul 2024 09:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65948

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum