PENGARUH INTEGRASI MEDIA SOSIAL YOUTUBE TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN KREATIVITAS SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

Ammi Thoibah Nasution, NIM.: 22204081010 (2024) PENGARUH INTEGRASI MEDIA SOSIAL YOUTUBE TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN KREATIVITAS SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH INTEGRASI MEDIA SOSIAL YOUTUBE TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN KREATIVITAS SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA)
22204081010_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH INTEGRASI MEDIA SOSIAL YOUTUBE TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN KREATIVITAS SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA)
22204081010_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Media sosial telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari, termasuk dalam konteks pendidikan. Pada pendidikan sekolah dasar, tantangan kemampuan komunikasi dan kreativitas siswa menjadi perhatian utama. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh integrasi media sosial, khususnya YouTube, terhadap peningkatan kemampuan komunikasi dan kreativitas siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar Negeri Ngupasan Yogyakarta. Observasi awal ditemukan rendahnya kemampuan komunikasi dan banyak kesulitan dalam menghasilkan ide-ide kreatif siswa sehingga menjadi kendala dalam mencapai tujuan pembelajaran. Oleh karena itu, Integrasi media sosial YouTube dalam pembelajaran diharapkan dapat menjadi solusi dalam meningkatkan kemampuan komunikasi dan kreativitas siswa. Jenis penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif atau pendekatan eksperimen semu (quasi-experiment) dengan desain pretest-posttest control group design. Fokusnya adalah untuk menganalisis pengaruh media sosial YouTube dalam meningkatkan kemampuan komunikasi dan kreativitas siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SDN Ngupasan Yogyakarta. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas VA sebagai kelas kontrol dan kelas VB sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan angket. Teknik analisis data melalui uji prasyarat, uji statistik dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa besar pengaruh Integrasi Media Sosial YouTube terhadap kemampuan komunikasi dan kreativitas siswa dengan nilai yang signifikan < 0,05 yaitu 0,001< 0,05. Maka Ha diterima yakni terdapat pengaruh antara integrasi media sosial YouTube terhadap kemampuan komunikasi dan kreativitas siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa integrasi media sosial YouTube memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan komunikasi dan kreativitas siswa di Sekolah Dasar Negeri Ngupasan Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing; Dr. Aninditya Sri Nugraheni, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Social Media; YouTube; Indonesian Language; kreativitas
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 302.23 Media Komunikasi, Media Massa, Media Sosial
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 16 Jul 2024 14:25
Last Modified: 16 Jul 2024 14:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65963

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum