AL SHI'R "RUBBAMA" LI NIZAR QABBANI FI AL MUKHTARAT AL SHI'RIYYAH HAKADHA AKTUB TARIKH AL NISA' (DIRASAH TAHLILIYYAH 'ALA DAW' AL TABAQAH AL MI'YARIYYAH LI ROMAN INGARDEN)

Asmayanti, NIM.: 16110019 (2023) AL SHI'R "RUBBAMA" LI NIZAR QABBANI FI AL MUKHTARAT AL SHI'RIYYAH HAKADHA AKTUB TARIKH AL NISA' (DIRASAH TAHLILIYYAH 'ALA DAW' AL TABAQAH AL MI'YARIYYAH LI ROMAN INGARDEN). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (AL SHI'R "RUBBAMA" LI NIZAR QABBANI FI AL MUKHTARAT AL SHI'RIYYAH HAKADHA AKTUB TARIKH AL NISA' (DIRASAH TAHLILIYYAH 'ALA DAW' AL TABAQAH AL MI'YARIYYAH LI ROMAN INGARDEN))
16110019_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (AL SHI'R "RUBBAMA" LI NIZAR QABBANI FI AL MUKHTARAT AL SHI'RIYYAH HAKADHA AKTUB TARIKH AL NISA' (DIRASAH TAHLILIYYAH 'ALA DAW' AL TABAQAH AL MI'YARIYYAH LI ROMAN INGARDEN))
16110019_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Skripsi ini membahas tentang strata noma yang terdapat dalam puisi “Rubbama” dalam antologi puisi Hakaddza Aktubu Tarikh An Nisaa karya Nizar Qobbani. Teori yang digunakan dalam skripsi ini ialah teori strata norma yang dikemukakan oleh Roman Ingarden. Analisis yang dilakukan dengan mengklasifikasi strata norma menjadi empat lapis. Teknik pengumpulan data peneltian ini adalah teknik kepustakaan yang dilakukan dengan dua cara yaitu teknik baca dan catat. Teknik baca yang dilakukan dengan cara membaca secara berulang-ulang puisi “Rubbama” dengan teliti lalu mengidentifikasi dengan menggunakan strata norma teori Roman Ingarden. Kemudian tahap selanjutnya adalah mencatat strata norma tersebut sebagai data penelitian. Hasil dari penelitian skripsi ini terdapat 4 lapis atau strata norma menurut teori Roman Ingarden dalam puisi “Rubbama” antologi puisi Hakadza Aktubu Tarikh An Nisaa karya Nizar Qobbani. Empat strata norma tersebut yaitu: Lapis bunyi (sound stratum), lapis arti (units of meaning), lapis dunia dan lapis metafisis. Menunjukkan bahwa gambaran tentang sejarah baru para perempuan, optimisme penyair dalam menyuarakan hak-hak perempuan dan gambaran tentang kesedihan dan kegelisahan yang dialami penyair, yang tergambar dalam karya-karyanya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Prof. Dr. Yulia Nasrul Latifi, S.Ag. M.Hum
Uncontrolled Keywords: Puisi “Rubbama”, Strata Norma, Nizar Qabbani
Subjects: 800 Sastra (Literature) > 890 Sastra Lain-lain > 892.7 Arabic Literatures/Kesusastraan Arab
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 19 Jul 2024 10:52
Last Modified: 19 Jul 2024 10:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66060

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum