Fadlullah Haromain, NIM.: 21104020061 (2025) TATBIQ TARIQAH AL TA'LIM AL TA'AWUNI FIRAQ AL TULAB LI TAHQIQ AL INJAZ FI TA'LIM MAHARAH AL QIRA'AH LADA TULAB AL SAF AL KHAMIS FI AL MADRASAH AL IBTIDAIYYAH AL ISLAMIYYAH AL MUTAKAMILAH LUQMANUL HAKIM YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (TATBIQ TARIQAH AL TA'LIM AL TA'AWUNI FIRAQ AL TULAB LI TAHQIQ AL INJAZ FI TA'LIM MAHARAH AL QIRA'AH LADA TULAB AL SAF AL KHAMIS FI AL MADRASAH AL IBTIDAIYYAH AL ISLAMIYYAH AL MUTAKAMILAH LUQMANUL HAKIM YOGYAKARTA)
21104020061_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (3MB) | Preview |
|
|
Text (TATBIQ TARIQAH AL TA'LIM AL TA'AWUNI FIRAQ AL TULAB LI TAHQIQ AL INJAZ FI TA'LIM MAHARAH AL QIRA'AH LADA TULAB AL SAF AL KHAMIS FI AL MADRASAH AL IBTIDAIYYAH AL ISLAMIYYAH AL MUTAKAMILAH LUQMANUL HAKIM YOGYAKARTA)
21104020061_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilakukan di SDIT Luqman Al-Hakim Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk membahas tentang (1) bagaimana implementasi metode Cooperative Learning tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) pada pembelajaran Maharah Qira’ah di SDIT Luqman Al-Hakim Yogyakarta, (2) apa saja faktor pendukung dan penghambat serta solusi implementasi metode Cooperative Learning tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) pada pembelajaran Maharah Qira’ah di SDIT Luqman Al-Hakim Yogyakarta, (3) kunci keberhasilan implementasi metode Cooperative Learning tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) pada pembelajaran Maharah Qira’ah di SDIT Luqman Al-Hakim Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian lapangan untuk mendeskripsikan implementasi metode Cooperative Learning tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) pada pembelajaran Maharah Qira’ah. Subjek penelitian terdiri dari siswa kelas V SDIT Luqman Al-Hakim Yogyakarta, dengan dua siswa dari masing-masing kelas sebagai partisipan penelitian. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi guna memperoleh pemahaman yang mendalam mengenai dinamika pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode Cooperative Learning tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) menciptakan suasana belajar yang lebih interaktif, meningkatkan keterlibatan siswa, serta mendukung pemahaman mereka terhadap teks berbahasa Arab. Bentuk konkret kunci keberhasilan metode ini meliputi pembagian kelompok heterogen yang menjadikan siswa lebih inklusif dan menerima perbedaan, interaksi tatap muka yang mendorong diskusi aktif, serta tanggung jawab individu yang diperkuat melalui tes membaca kosakata. Selain itu, penggunaan media pembelajaran seperti lagu kosakata yang menjadikan siswa lebih mudah dan semangat mencerna kosakata bahasa Arab .
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Additional Information / Supervisor: | Pembimbing: Dr. Rohmatun Lukluk Isnaini S.Pd.l. M.Pd.l |
| Uncontrolled Keywords: | Cooperative Learning, Student Teams Achievement Divisions (STAD), Maharah Qira’ah, pembelajaran Bahasa Arab. |
| Subjects: | 400 Bahasa > 490 Bahasa-Bahasa Lain > 492.707 6 Bahasa Arab - Metode Belajar |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1) |
| Depositing User: | Widiyastuti, M.IP |
| Date Deposited: | 05 Sep 2024 11:41 |
| Last Modified: | 25 Nov 2025 13:21 |
| URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66080 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |
