PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE, LEVERAGE, DAN KEBIJAKAN DIVIDEN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Kasus Perusahaan yang Terdaftar Dalam JII Tahun 2018-2022)

Amar Aditya Basri, NIM.: 20108030001 (2024) PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE, LEVERAGE, DAN KEBIJAKAN DIVIDEN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Kasus Perusahaan yang Terdaftar Dalam JII Tahun 2018-2022). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE, LEVERAGE, DAN KEBIJAKAN DIVIDEN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Kasus Perusahaan yang Terdaftar Dalam JII Tahun 2018-2022))
20108030001_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE, LEVERAGE, DAN KEBIJAKAN DIVIDEN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Kasus Perusahaan yang Terdaftar Dalam JII Tahun 2018-2022))
20108030001_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini menggambarkan pentingnya nilai perusahaan, baik bagi investor maupun perusahaan itu sendiri. Investor menganggap peningkatan nilai suatu perusahaan sebagai indikasi positif terhadap kinerja perusahaan, yang berdampak pada keputusan investasi. Selain itu, peningkatan nilai perusahaan dapat menunjukkan bahwa perusahaan semakin mendekati tujuannya untuk meningkatkan kesejahteraan para pemangku kepentingannya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan pengaruh good corporate governance, leverage, dan kebijakan dividen terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai moderasi dalam konteks perusahaan yang terdaftar dalam Jakarta Islamic Index tahun 2018-2022. Penelitian ini menggunakan data panel yang terdiri dari 15 perusahaan dengan total 75 observasi. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi data panel dan moderated regression analysis. Hasil menunjukkan bahwa variabel dewan komisaris independen berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, leverage berpengaruh negatif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, sementara variabel kepemilikan institusional, komite audit, dan kebijakan dividen tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Variabel profitabilitas mampu mengubah arah dan memperkat leverage menjadi positif sementara profitabilitas tidak mampu memoderasi kebijakan dividen terhadap nilai perusahaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Izra Berakon, M.Sc.
Uncontrolled Keywords: Nilai Perusahaan; Profitabilitas; Good Corporate Governance; Kebijakan Dividen; Jakarta Islamic Index
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi > 332 Ekonomi Keuangan dan Finansial, Ekonomi Biaya dan Pembiayaan
600 Sains Terapan > 650 Business/Bisnis > 658.15 Manajemen Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Keuangan Syariah (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 23 Jul 2024 13:25
Last Modified: 23 Jul 2024 13:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66145

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum