ANALISIS KOMPETENSI LITERASI INFORMASI SISWA DI MTSN 4 BANTUL BERDASAR STANDAR AMERICAN ASSOCIATION OF SCHOOL LIBRARIANS (AASL)

Wildan Aulana Muzaki, NIM.: 19101040125 (2023) ANALISIS KOMPETENSI LITERASI INFORMASI SISWA DI MTSN 4 BANTUL BERDASAR STANDAR AMERICAN ASSOCIATION OF SCHOOL LIBRARIANS (AASL). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS KOMPETENSI LITERASI INFORMASI SISWA DI MTSN 4 BANTUL BERDASAR STANDAR AMERICAN ASSOCIATION OF SCHOOL LIBRARIANS (AASL))
19101040125_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS KOMPETENSI LITERASI INFORMASI SISWA DI MTSN 4 BANTUL BERDASAR STANDAR AMERICAN ASSOCIATION OF SCHOOL LIBRARIANS (AASL))
19101040125_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti dan mengukur tingkat kemampuan literasi informasi yang di miliki oleh siswa MTs N 4 Bantul. Literasi informasi merupakan sebuah himpunan kemampuan terintregasi yang mencakup penemuan informasi reflektif dan pemahaman tentang informasi diproduksi dan dihargai dalam penggunaan informasi untuk menciptakan pengetahuan baru serta berpartisipasi secara etis dalam komunitas pembelajaran. Penelitian ini juga menggunakan standar AASL sebagai pedoman pengukuran tingkat kemampuan literasi siswa sekolah. Dalam AASL terdapat beberapa standar untuk mengukur kemampuan siswa diantaranya: 1. mengakses informasi secara efisien dan efektif. 2. mengevaluasi informasi secara kritis dan keseluruan. 3. menggunakan informasi secara akurat dan kreatif. 4. mencari informasi yang berkaitan dengan ketertarikan personal. 5. mampu mengolah informasi dan menghargai literatur dan informasi lain. 6. Membangun pengetahuan yang luas. 7. Mampu memberikan kontribusi positif kepada komunitas belajar dan masyarakat sekitar. 8. mampu mempraktikan tingkah laku etis mengenai informasi dan teknologi informasi.9.Mampu berpartisipasi secara efektif dalam kelompok untuk membangun informasi. Penelitian ini juga menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan subjek dari penelitian ini adalah siswa MTs N 4 Bantul dengan dilakukan crosscheck menggunakan membercheck. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa perpustakan telah mengupayakan usaha untuk meningkatkan tingkat literasi siswa dengan beberapa hal, diantaranya: 1. Gerakan literasi sekolah. 2. Pembelajaran di perpustakaan. 3. Wajib kunjung perpustakaan. upaya lain yang dilakukan oleh perpustakaan demi meningkatkan literasi siswa yaitu dengan memanfaatkan media digital dan aktif membuat konten yang informative untuk siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Syifa’un Nafisah, S.T, M,T.
Uncontrolled Keywords: literasi informasi; standar AASL; kemampuan kompetensi
Subjects: 000 Ilmu Komputer, Ilmu Informasi, dan Karya Umum > 020 Ilmu Perpustakaan dan Informasi > 025.524 Literasi Informasi
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Ilmu Perpustakaan (S1)
Depositing User: Widiyastut
Date Deposited: 31 Jul 2024 09:29
Last Modified: 31 Jul 2024 09:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66187

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum