PENINGKATKAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK KELAS IV PADA PEMBELAJARAN LATANSA MELALUI TEKNIK KONTRAK PERILAKU ( BEHAVIOR CONTRACT ) DI SD IT BUDI MULYO

Ichsan Chamdani, NIM.: 17104080033 (2024) PENINGKATKAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK KELAS IV PADA PEMBELAJARAN LATANSA MELALUI TEKNIK KONTRAK PERILAKU ( BEHAVIOR CONTRACT ) DI SD IT BUDI MULYO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENINGKATKAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK KELAS IV PADA PEMBELAJARAN LATANSA MELALUI TEKNIK KONTRAK PERILAKU ( BEHAVIOR CONTRACT ) DI SD IT BUDI MULYO)
17104080033_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENINGKATKAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK KELAS IV PADA PEMBELAJARAN LATANSA MELALUI TEKNIK KONTRAK PERILAKU ( BEHAVIOR CONTRACT ) DI SD IT BUDI MULYO)
17104080033_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Karakter peserta didik semakin hari semakin menjadi-jadi, kemajuan teknologi yang tidak diimbangi dengan kesiapan diri akan berdampak buruk. Seperti dengan penggunaan smartphone yang tidak semestinya membuat peserta didik terlena dengan tugas utamanya yaitu belajar. Fakto utamanya adalah kurangnya kedisiplinan peserta didik. Seperti pada peserta didik SD IT Budi Mulyo kelas IV khususnya pada pembelajaran Latansa, dari data observasi dan wawancara guru pengampu mata pelajaran Latansa yang menjelaskan bahwa masih banyak peserta didik yang memiliki kedisiplinan rendah. Salah satu metode yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kedisiplinan peserta didik adalah menggunakan teknik kontrak perilaku (behavior contract). Penelitian ini mengkaji tentang bagaimana meningkatkan kedisplinan peserta didik kelas IV pada pembelajaran Latansa melalui teknik kontrak perilaku (behavior contract) di SD IT Budi Mulyo. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan 2 siklus dengan berpedoman pada model Kemmis dan Mc. Taggart. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas IV di SD IT Budi Mulyo dengan jumlah 24 peserta didik yang terdiri dari 10 putra dan 14 putri. Pengumpulan data dilakukan melalui kuisioner yang diisi oleh peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedisiplinan peserta didik dapat berkembang melalui teknik kontrak perilaku (behavior contract). Indikator kedisiplinan pada penelitian ini ada pada kehadiran, memperhatikan guru saat menjelaskan pelajaran, mengerjakan tugas guru, membawa peralatan sekolah, menaati aturan yang telah disepakati, memiliki jadwal pelajaran dan mengerjakan pekerjaan rumah. Tindakan yang diterapkan adalah dengan memberikan pengertian kepada peserta didik tentang pentingnya kedisiplinan, memaparkan kontrak perilaku yang akan dilaksanakan oleh peserta didik dan memberikan penekanan dan penguatan terhadap perilaku peserta didik. Sebelum adanya tindakan kondisi kedisiplinan peserta didik yang berada pada kriteria berkembang sesuai harapan sebesar 54,2 %, setelah siklus I terjadi kenaikan presentase sebesar 58,3 % dan pasca siklus II presentase naik mencapai 67 %.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Pembimbing: Andhika Yahya Putra M.Or.
Uncontrolled Keywords: kedisiplinan; kontrak perilaku
Subjects: 200 Agama > 297 Agama Islam > 297.77 Pendidikan Agama Islam (Sekolah Islam, Pondok Pesantren, TPA, TPQ)
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 06 Aug 2024 11:06
Last Modified: 06 Aug 2024 11:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66246

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum