NAQD YUSUF AL SIBA'I LI SHAKL AL MUJTAMI' AL MISRIYYIN FI RIWAYAH 'NAIB IZRAIL" : DIRASAH TAHLILIYYAH DHATIYYAH LI SLAVOJ ZIZEK

Chariri Shoffa Masrur, NIM.: 16110097 (2023) NAQD YUSUF AL SIBA'I LI SHAKL AL MUJTAMI' AL MISRIYYIN FI RIWAYAH 'NAIB IZRAIL" : DIRASAH TAHLILIYYAH DHATIYYAH LI SLAVOJ ZIZEK. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (NAQD YUSUF AL SIBA'I LI SHAKL AL MUJTAMI' AL MISRIYYIN FI RIWAYAH 'NAIB IZRAIL" : dirasah tahliliyyah dhatiyyah li Slavoj Zizek)
16110097_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (NAQD YUSUF AL SIBA'I LI SHAKL AL MUJTAMI' AL MISRIYYIN FI RIWAYAH 'NAIB IZRAIL" : dirasah tahliliyyah dhatiyyah li Slavoj Zizek)
16110097_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini memaparkan subjektivitas Yusuf Al-Siba'i dalam tindakannya menulis novel Naib ‘Izrail. Tindakan itu bertujuan sebagai kritik terhadap kontruksi sosial masyarakat Mesir yang terjadi. Penelitian dalam perspektif ini perlu dilakukan sebab beberapa penelitian terhadap Yusuf Al-Siba'i sebelumnya selalu terfokus pada makna karyanya tanpa memperhatikan fakta-fakta bahwa Yusuf Al-Siba'i juga menunjukkan penolakan frontal terhadap kondisi sosialnya. Penelitian ini menggunakan konsep subjektivitas Slavoj Zizek, di mana subjek selalu terdiri atas komponen Yang-Nyata, Yang-Imajiner dan Yang-Simbolik. Penolakan terhadap Yang Simbolik dilakukan ketika muncul kekurangan (lack) akibat Yang-Simbolik berupaya untuk terus mengurungnya. Kesadaran akan kekurangan yang meliputinya, membuat subjek terus berjalan meninggalkan Yang-Simbolik menuju Yang-Nyata. Untuk mengetahui berbagai dimensi simbolik yang ada dalam novel Naīb ‘Izrāil dan bagaimana Yusuf Al-Siba'i menyikapinya, peneliti menggunakan metode analisis hermeneutik/tafsiran. Pergerakan sudut pandang Yusuf Al-Siba'i sebagai narator di dalam cerita, hubungannya dengan tokoh lain, keterlibatan dan sikap-sikapnya terhadap peristiwa-peristiwa tertentu menjadi indikasi subjektivitas Yusuf Al-Siba'i secara menyeluruh. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa subjektivitasYusuf Al-Siba'i ketika melakukan tindakan penulisan novel Naīb ‘Izrāil menunjukkan karakteristik yang dapat dikatakan radikal terhadap beberapa dimensi simbolik disekelilingnya. Dimensi­dimensi tersebut antara lain nasionalisme dan birokratisme. Karakter radikal, yang tak lain adalah tokoh utama tampak dari keseluruhan proses penciptaan novel Naib ‘Izra'il. Tindakan-tindakan radikal emansipatif yang dilakukan tokoh tersebut memunculkan perubahan pada Yang-Simbolik di sekitar Yusuf Al-Siba'i sekaligus dalam momen bersamaan menarik subjektivitas Yusuf Al-Siba'i kembali kepada Yang-Simbolik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Yulia Nasrul Latifi, S.Ag., M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Naib ‘Izrail; Tindakan Radikal; Yang-Simbolik
Subjects: Kesusastraan Arab > Bahasa dan Sastra Arab - Analisis Teks
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Widiyastut
Date Deposited: 01 Aug 2024 15:15
Last Modified: 01 Aug 2024 15:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66278

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum