Afiyah Hasbiyallah, NIM.: 20104020012 (2024) TAHLIL MUSHKILAT TA'LIM AL LUGHAH AL ARABIYYAH FI FASL BARNAMAJ AL SA'AH AL TADRISIYYAH BI AL MADRASAH AL 'ALIYYAH AL HUKUMIYYAH 2 YOGYAKARTA LI AL SANAH AL DIRASIYYAH 2022-2023. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (TAHLIL MUSHKILAT TA'LIM AL LUGHAH AL ARABIYYAH FI FASL BARNAMAJ AL SA'AH AL TADRISIYYAH BI AL MADRASAH AL 'ALIYYAH AL HUKUMIYYAH 2 YOGYAKARTA LI AL SANAH AL DIRASIYYAH 2022-2023)
20104020012_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (TAHLIL MUSHKILAT TA'LIM AL LUGHAH AL ARABIYYAH FI FASL BARNAMAJ AL SA'AH AL TADRISIYYAH BI AL MADRASAH AL 'ALIYYAH AL HUKUMIYYAH 2 YOGYAKARTA LI AL SANAH AL DIRASIYYAH 2022-2023)
20104020012_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Pembelajaran bahasa Arab pada kelas SKS di mana peserta didik dan pendidik terkejar oleh waktu dan materi pembelajaran, pasti akan menghadapi beragam problematika dari aspek linguistik dan non liguistik dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut, pembahasan penelitian ini meliputi implementasi program SKS berbasis kurikulum merdeka pada mata pelajaran bahasa Arab, proble matika pembelajaran bahasa Arab serta upaya pengajar dalam mengatasi problematika yang ada pada kelas SKS di MAN 2 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, dan menggunakan empat metode pengumpulan data, yaitu observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, impelementasi program SKS berbasis kurikulum merdeka diawali dengan tahap perencanaan, pengelolaan serta penerapan program pada pembelajaran bahasa Arab di kelas. Kedua, problematika linguistik yang ditemukan terdapat pada aspek tata bunyi, pembentukan kata, pembentukan kalimat, pemaknaan,dan aksara. Sedangkan problematika non linguistik yang ditemukan adalah latar belakang peserta didik, motivasi belajar peserta didik, desain buku pelajaran yang kurang menarik, kurangnya waktu pembelajaran, dan lingkungan berbahasa yang tidak mendukung. Ketiga, upaya yang dilakukan pengajar dalam mengatasi problematika pembelajaran bahasa Arab tersebut adalah dengan memvisualisasi kosakata, mempraktekkan kosakata yang diberikan, memberi pelatihan dasar kaidah imla’ di awal semester, mewujudkan suasana kelas yang lebih santai dan tidak menakutkan.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Additional Information / Supervisor: | Pembimbing: Nurul Huda, S.S., M.Pd.l |
| Uncontrolled Keywords: | Sistem Kredit Semester (SKS); Pembelajaran Bahasa Arab; Problematika Pembelajaran Bahasa Arab; Upaya Guru Dalam Mengatasi Problematika Pembelajaran Bahasa Arab. |
| Subjects: | Pendidikan Bahasa Arab > PENDIDIKAN BAHASA ARAB - TEORI |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1) |
| Depositing User: | Widiyastuti, M.IP |
| Date Deposited: | 05 Aug 2024 10:10 |
| Last Modified: | 05 Aug 2024 10:10 |
| URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66305 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |
