PROGRAM TAHFIDZ QUR’AN DI MTS N 1 YOGYAKARTA: PELAKSANAAN, FAKTOR PENDUKUNG DAN PENGHAMBAT, SOLUSI, SERTA HASIL PENILAIAN HAFALAN PESERTA DIDIK

Maulida Aprilia Ma’ruf, NIM.: 20104010105 (2024) PROGRAM TAHFIDZ QUR’AN DI MTS N 1 YOGYAKARTA: PELAKSANAAN, FAKTOR PENDUKUNG DAN PENGHAMBAT, SOLUSI, SERTA HASIL PENILAIAN HAFALAN PESERTA DIDIK. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PROGRAM TAHFIDZ QUR’AN DI MTS N 1 YOGYAKARTA: PELAKSANAAN, FAKTOR PENDUKUNG DAN PENGHAMBAT, SOLUSI, SERTA HASIL PENILAIAN HAFALAN PESERTA DIDIK)
20104010105_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PROGRAM TAHFIDZ QUR’AN DI MTS N 1 YOGYAKARTA: PELAKSANAAN, FAKTOR PENDUKUNG DAN PENGHAMBAT, SOLUSI, SERTA HASIL PENILAIAN HAFALAN PESERTA DIDIK)
20104010105_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Melihat perkembangan dunia yang semakin dinamis, madrasah perlu menyediakan wadah untuk peserta didik agar lebih mencintai dan menerapkan ajaran Al-Qur'an. Hal ini yang menjadi alasan MTs N 1 Yogyakarta menerapkan program Tahfidz Qur'an. Program ini dijalankan dengan tujuan tidak hanya untuk mencetak generasi penghafal Al-Qur’an, tetapi juga untuk membentuk karakter peserta didik. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif yang mengambil latar di MTs N 1 Yogyakarta. Subjek dalam penelitian ini terdiri atas waka kurikulum, koordinator Tahfidz Qur’an, guru Tahfidz Qur’an, panitia PPDB, dan peserta didik Tahfidz Qur’an. Pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data yang dilakukan adalah dengan tringulasi sumber dan tringulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pelaksanaan program Tahfidz Qur’an dilakukan pada jam 05.45 sampai 07.15 dengan setoran seminggu 2 kali dan muraja’ah 2 minggu sekali. Evaluasi dilakukan ketika akhir semester berdasarkan hasil pencapaian hafalan selama 1 semester. (2) Faktor pendukung pelaksanaan program Tahfidz Qur’an yaitu dukungan dan kerjasama dari berbagai pihak, motivasi, lingkungan, dan penggunaan musyhaf. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu bacaan Al-Qur’an yang belum benar, sifat malas, ayat-ayat yang sulit dihafalkan dan ayat-ayat yang mirip, tugas sekolah yang banyak, datang terlambat, dan berbicara dengan teman ketika pembelajaran. (3) Solusi mengatasi hambatan dalam pelaksanaan program Tahfidz Qur’an yaitu memberikan tahsin kepada peserta didik, guru memotivasi peserta didik, sabar dalam menghafal Al-Qur’an, membagi waktu dengan baik, datang tepat waktu, dan ketika dikelas fokus untuk muraja’ah. (4) Hasil penilaian hafalan peserta didik Tahfidz Qur’an yaitu rata-rata capaian peserta didik masuk kategori baik yakni 67%, kelancaran peserta didik masuk kategori baik yakni 44%, makhraj peserta didik masuk kategori baik yakni 53%, tajwid peserta didik masuk kategori baik yakni 54%, usaha peserta didik masuk kategori sangat baik yakni 50%, dan adab peserta didik masuk kategori sangat baik yakni 65%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Radino M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Menghafal Al-Qur’an; Tahfidz Qur’an;
Subjects: 200 Agama > 297 Agama Islam > 297.122 Quran, Al-Qur'an, Alquran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 08 Aug 2024 14:38
Last Modified: 08 Aug 2024 14:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66396

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum