TAHLIL WA TASNIF AL TADAD FI AL NAS AL QUR'ANI LI SURAH LUQMAN WA TAUZIFAH FI TA'LIM AL MUFRADAT

Ahmad Asshidqi Fathul Lubis, NIM.: 20104020049 (2024) TAHLIL WA TASNIF AL TADAD FI AL NAS AL QUR'ANI LI SURAH LUQMAN WA TAUZIFAH FI TA'LIM AL MUFRADAT. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TAHLIL WA TASNIF AL TADAD FI AL NAS AL QUR'ANI LI SURAH LUQMAN WA TAUZIFAH FI TA'LIM AL MUFRADAT)
20104020049_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (TAHLIL WA TASNIF AL TADAD FI AL NAS AL QUR'ANI LI SURAH LUQMAN WA TAUZIFAH FI TA'LIM AL MUFRADAT)
20104020049_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengklasifikasikan antonimi yang terdapat dalam teks Al-Quran, khususnya dalam Surat Luqman, serta mengeksplorasi implikasi penggunaan antonimi tersebut dalam pembelajaran mufradat bahasa Arab. Antonim adalah kata-kata yang memiliki makna berlawanan. Analisis dan klasifikasi antonimi dalam Al-Quran dapat membantu pemahaman yang lebih dalam terhadap makna teks Al-qur’an dan memudahkan siswa dalam pembelajaran mufradat. Jenis penelitian yang digunakan dalam penilitian ini adalah pendekatan kualitatif, sumber data penelitian ini adalah surat Luqman dalam al-Qur’an dan beberapa buku, jurnal, skripsi dan artikel, teknik analisis data yang digunakan oleh peneliti adalah analisis menurut Harlod D. Lasswell, yang menggunakan teknik symbol coding dengan mencatat sebuah pesan secara sistematis dan memberikan interpretasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 9 ayat dalam Surah Luqman yang mengandung kata-kata berantonim. Perspektif Muhammad Ali al-Khuli mengidentifikasi sembilan jenis antonim, namun tidak semua ayat dalam surat ini mencakup kesembilan jenis tersebut, termasuk biner, cycling, conversense, graded, dan affinity. Kata antonim yang paling sering muncul adalah "langit" dan "bumi". Ini menunjukkan bahwa antonim tidak ditemukan di seluruh ayat, melainkan hanya pada bagian-bagian tertentu dari surat ini dan dapat disimpulkan bahwa penggunaan antonim dalam pembelajaran mufradat memberikan dampak yang positif terhadap pemahaman siswa. Oleh karena itu, disarankan agar penggunaan antonim lebih diperhatikan dalam penyusunan materi pembelajaran bahasa Arab di Indonesia. Dengan demikian, penelitian ini memberikan kontribusi dalam pengembangan pemahaman bahasa Arab dan pembelajaran Al-Quran. Penelitian selanjutnya dapat melibatkan analisis antonimi dalam teks-teks Al-Quran lainnya dan eksplorasi lebih lanjut mengenai penggunaan antonimi dalam pembelajaran bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Pembimbing: Dr. Dailatus Syamsiyah, S.Ag., M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Antonim; Al-quran; Surat Luqman; Pembelajaran Mufradat
Subjects: 400 Bahasa > 490 Bahasa-Bahasa Lain > 492.707 6 Bahasa Arab - Metode Belajar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Widiyastuti, M.IP
Date Deposited: 16 Aug 2024 14:35
Last Modified: 16 Aug 2024 14:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66573

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum