Tiara Tazqya Fillah, NIM.: 20104020057 (2024) MUSHKILAH NADARAH ISTIKHDAM AL AFLAM FI TA'LIM AL LUGHAH AL 'ARABIYYAH WA HULULIHA : DIRASAH AL HALAH FI AL MUDARIS AL MUTAWASITAH AL ISLAMIYYAH AL HUKUMIYYAH FI TASIKMALAYA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (MUSHKILAH NADARAH ISTIKHDAM AL AFLAM FI TA'LIM AL LUGHAH AL 'ARABIYYAH WA HULULIHA : DIRASAH AL HALAH FI AL MUDARIS AL MUTAWASITAH AL ISLAMIYYAH AL HUKUMIYYAH FI TASIKMALAYA)
20104020057_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (2MB) | Preview |
|
|
Text (MUSHKILAH NADARAH ISTIKHDAM AL AFLAM FI TA'LIM AL LUGHAH AL 'ARABIYYAH WA HULULIHA : DIRASAH AL HALAH FI AL MUDARIS AL MUTAWASITAH AL ISLAMIYYAH AL HUKUMIYYAH FI TASIKMALAYA)
20104020057_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Media film dalam pembelajaran bahasa Arab masih terbatas. Hal tersebut menjadi problematika bagi guru bahasa Arab sehingga banyak yang tidak menggunakan film. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis problematika yang menyebabkan langkanya penggunaan film dalam pembelajaran bahasa Arab serta bagaimana solusinya. Penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus dipilih untuk menggali informasi tentang problematika guru bahasa Arab tidak menggunakan media film beserta solusinya. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara 20 guru bahasa Arab di Kabupaten Tasikmalaya. Observasi dan studi dokumen menjadi pendukung dalam penelitian ini. Sesuai teori Miles & Huberman, teknik analisis data dilakukan dengan reduksi, display data dan kesimpulan. Uji keabsahan data diperoleh melalui triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat empat problematika kenapa guru tidak menggunakan media film yaitu minimnya film berbahasa Arab yang relevan dengan materi, terbatasnya pemahaman siswa terhadap materi, kurangnya sarana dan prasarana yang mendukung pemutaran film dan terbatasanya informasi tentang penggunaan film bagi guru bahasa Arab. Adapun solusinya adalah membuat film yang didesain khusus untuk pembelajaran, membentuk lembaga yang membuat media film, mengadakan pelatihan penggunaan film untuk guru bahasa Arab, menggunakan film yang relevan dengan materi, menyajikan film dengan durasi pendek, menggunakan film yang sesuai dengan perkembangan siswa, memenuhi fasilitas yang dibutuhkan untuk pemutaran film, menyertakan media film dalam buku pelajaran serta memberikan pendahuluan sebelum menayangkan film. Implikasi dari penelitian ini dapat dijadikan acuan untuk madrasah lain dalam penggunaan media film sebagai alterantif media dalam pembelajaran bahasa Arab.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Additional Information / Supervisor: | Pembimbing: Dr. Rohmatun Lukluk lsnaini. S.Pdl.. M.Pd.l. |
| Uncontrolled Keywords: | Media Film; Pembelajaran Bahasa Arab; Problematika, Studi Kasus |
| Subjects: | 400 Bahasa > 490 Bahasa-Bahasa Lain > 492.707 6 Bahasa Arab - Metode Belajar |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1) |
| Depositing User: | Widiyastuti, M.IP |
| Date Deposited: | 16 Aug 2024 14:53 |
| Last Modified: | 16 Aug 2024 14:53 |
| URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66584 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |
