PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BAHASA ARAB BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN APLIKASI SMART APPS CREATOR PADA KELAS XII DI MA AL-FATAH PALEMBANG

Tasha Ayu Azzahra, NIM.: 21204022005 (2024) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BAHASA ARAB BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN APLIKASI SMART APPS CREATOR PADA KELAS XII DI MA AL-FATAH PALEMBANG. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BAHASA ARAB BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN APLIKASI SMART APPS CREATOR PADA KELAS XII DI MA AL-FATAH PALEMBANG)
21204022005_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BAHASA ARAB BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN APLIKASI SMART APPS CREATOR PADA KELAS XII DI MA AL-FATAH PALEMBANG)
21204022005_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya antusias siswa dalam mengikuti pembelajaran bahasa Arab, hal ini menyebabkan kurangnya pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran sehingga berpengaruh pada hasil belajar siswa yang ikut menurun. Salah satu penyebab permasalahan ini terjadi yaitu kurangnya penggunaan bahan ajar yang inovatif dalam proses pembelajaran bahasa Arab di MA Al-Fatah Palembang, yang hanya menggunakan LKPD berbasis cetak dengan tampilan yang kurang menarik, hal ini membuat siswa merasa jenuh, kurang antusias, dan cenderung pasif dalam mengikuti pembelajaran bahasa Arab di kelas. Di samping itu, pembelajaran di era modern saat ini menuntut adanya keterkaitan antara pembelajaran dan teknologi. Sehingga, adanya penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengembangkan LKPD bahasa Arab berbais android. 2) Mengetahui efektivitas LKPD bahasa Arab berbasis android pada siswa kelas XII di MA Al-Fatah Palembang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Untuk mengetahui efektivitas LKPD berbasis android ini, peneliti menggunakan metode penelitian eksperimen tipe Non-Equivalent Control Group design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII MA Al-Fatah Palembang. Data dikumpulkan melalui kuesioner, tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian uji analisis data menggunakan uji Independent Sample t-Test, dan uji N-Gain Score dengan bantuan SPSS 23. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Produk berupa aplikasi LKPD bahasa Arab berbasis android memuat materi semester ganjil kelas XII dengan tema Ar-riyāḍatu, Asy-syabābu, Asy-Syi‘ru Al-A‘rabīy. 2) hasil analisis produk yang telah dikembangkan berawal dari hasil uji kelayakan para ahli media dan materi. Hasil persentase rata-rata dari ahli media sebesar 95,45% termasuk pada kategori “sangat layak” dan dari ahli materi sebesar 80,80% dengan kategori “sangat layak”. Respons guru dan siswa terhadap LKPD Bahasa Arab berbasis android yang dikembangkan “sangat positif”. Dengan nilai rata-rata respons guru sebesar 4,28 sedangkan dari siswa sebesar 4,30. Hasil uji T-test kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 0,000 dan hasil uji N-Gain Score kelas eksperimen dengan nilai mean sebesar 0,59 atau 59,06% dengan kategori tafsiran “cukup efektif”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa LKPD Bahasa Arab berbasis android cukup efektif dalam meningkatkan hasil belajar bahasa Arab pada siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Rohmatun Lukluk Isnaini, S.Pd.I., M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: LKPD; Bahasa Arab; Android
Subjects: 400 Bahasa > 490 Bahasa-Bahasa Lain > 492.78 Bahasa Arab - Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 03 Sep 2024 11:40
Last Modified: 03 Sep 2024 11:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66687

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum