IMPLEMENTASI SALAT DUHA BERJAMAAH DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS SISWA KELAS II MI AL-HUDA KARANGNONGKO SLEMAN

Amalia Fadhila Zarkasih Sylva, NIM.: 20104080054 (2024) IMPLEMENTASI SALAT DUHA BERJAMAAH DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS SISWA KELAS II MI AL-HUDA KARANGNONGKO SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI SALAT DUHA BERJAMAAH DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS SISWA KELAS II MI AL-HUDA KARANGNONGKO SLEMAN)
20104080054_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI SALAT DUHA BERJAMAAH DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS SISWA KELAS II MI AL-HUDA KARANGNONGKO SLEMAN)
20104080054_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pelaksanaan salat duha di madrasah merupakan salah satu kegiatan yang dapat mempengaruhi pembentukan karakter religius siswa karena memiliki potensi untuk menumbuhkan kesadaran dan membentuk karakter siswa melalui aspek ketaatan, disiplin, kebersamaan dan kesadaran spiritual. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi salat duha berjamaah sebagai upaya dalam membentuk karakter religius siswa kelas II MI Al Huda Karangnongko. Kegiatan salat duha berjamaah dilaksanakan sebagai bagian dari pembinaan spiritual yang terstruktur di lingkungan sekolah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan memperoleh data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi kegiatan salat duha berjamaah. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan reduksi data (data reduction), penyajian data (display data) dan penarikan kesimpulan (conclusion drawing). Untuk menguji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Ada 3 yaitu triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan salat duha memiliki dampak positif dalam membentuk karakter religius siswa antara lain membentuk sikap jujur, bertanggung jawab, disiplin, sopan santun dan peduli sesama. Sesuai dengan 3 komponen penting yang saling berkaitan dalam proses pembentukan karakter religius siswa yaitu moral knowing (pengetahuan moral), moral feeling (emosi moral) dan moral action (tindakan moral) terdapat beberapa hambatan di dalam pelaksanaan salat duha sehingga dapat mempengaruhi pembentukan karakter religius siswa. Hambatan tersebut termasuk dalam komponen moral action (tindakan moral) antara lain pengkondisian siswa yang menghabiskan waktu lebih lama dan pelaksanaan berjalan kurang lancar karena kurangnya perhatian dan motivasi siswa terhadap pelaksanaan kegiatan salat duha. Hal ini berpengaruh pada pembentukan karakter religius siswa. Untuk itu diperlukan adanya pendampingan yang lebih intensif untuk membentuk karakter disiplin siswa. Selain itu siswa perlu diberikan reward dan punishment berupa pujian dan motivasi agar menumbuhkan kesadaran dan semangat siswa sehingga pelaksanaan salat duha dapat berpengaruh pada karakter religius siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Nur Hidayat, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Karakter Religius; Madrasah Ibtidaiyah; Sholat Duha
Subjects: 200 Agama > 297 Agama Islam > 297.77 Pendidikan Agama Islam (Sekolah Islam, Pondok Pesantren, TPA, TPQ)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 05 Sep 2024 13:49
Last Modified: 05 Sep 2024 13:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66767

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum