PENGEMBANGAN MEDIA QUIET BOOK “FUN MATCH MATHS” UNTUK MENSTIMULASI KECERDASAN LOGIKA MATEMATIKA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI DUSUN NGALIYAN DESA NARGOSARI KAPANEWON SAMIGALUH KABUPATEN KULON PROGO YOGYAKARTA

Annisa Fitri Okatviani, NIM.: 20104030020 (2024) PENGEMBANGAN MEDIA QUIET BOOK “FUN MATCH MATHS” UNTUK MENSTIMULASI KECERDASAN LOGIKA MATEMATIKA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI DUSUN NGALIYAN DESA NARGOSARI KAPANEWON SAMIGALUH KABUPATEN KULON PROGO YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA QUIET BOOK “FUN MATCH MATHS” UNTUK MENSTIMULASI KECERDASAN LOGIKA MATEMATIKA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI DUSUN NGALIYAN DESA NARGOSARI KAPANEWON SAMIGALUH KABUPATEN KULON PROGO YOGYAKARTA)
20104030020_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA QUIET BOOK “FUN MATCH MATHS” UNTUK MENSTIMULASI KECERDASAN LOGIKA MATEMATIKA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI DUSUN NGALIYAN DESA NARGOSARI KAPANEWON SAMIGALUH KABUPATEN KULON PROGO YOGYAKARTA)
20104030020_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB) | Request a copy

Abstract

Studi neuroscience menunjukkan bahwa perkembangan kecerdasan anak paling banyak terjadi antara usia 0 sampai 8 tahun. Banyak pakar perkembangan berpendapat bahwa usia dini adalah saat yang tepat untuk memulai perkembangan otak melalui berbagai aktivitas sensori, motorik, visual, dan auditori dengan bermain melalui belajar. Oleh karena itu, dapat dipahami bahwa meningkatkan kecerdasan logika dan matematika pada masa keemasan itu sangat penting karena kemampuan intelektual anak usia dini sedang berkembang pesat. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana mengembangkan media quiet book “fun match maths” untuk menstimulasi kecerdasan logika matematika anak usia dini; dan menguji kelayakan media quiet book “fun match maths” untuk menstimulasi kecerdasan logika matematika anak usia dini. Metode penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4D, yang terdiri dari pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (development), dan penyebaran (dissemination). Penilaian ahli materi, ahli media, dan uji coba kepada 9 peserta didik yang keselurahannya dianalisis menggunakan skala likert dengan menjumlahkan keseluruhan jawaban untuk menghasilkan rata-rata persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa media quiet book fun "match maths" dinyatakan layak digunakan untuk menstimulasi kecerdasan logika matematika anak berdasarkan persentase penilaian ahli materi dengan skor 84,3%, persentase ahli media dengan skor 94,4%, dan persentase hasil uji coba peserta didik dengan skor 88,5%. Dengan itu, orang tua akan lebih mudah untuk memfasiltasi dalam proses stimulasi kecerdasan logika matematika anak di masa usia prasekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Fahrunnisa, M.Psi,
Uncontrolled Keywords: Quiet Book; Kecerdasan Logika Matematika; Anak Usia Dini
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372.21 Pendidikan Pra Sekolah/Pendidikan Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 06 Sep 2024 09:38
Last Modified: 06 Sep 2024 09:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66800

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum