PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN GIMKIT TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PEAJARAN FIKIH KELAS XI DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 SLEMAN TAHUN AJARAN 2023/2024

Zein Attaqwiyati, NIM.: 20104010108 (2024) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN GIMKIT TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PEAJARAN FIKIH KELAS XI DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 SLEMAN TAHUN AJARAN 2023/2024. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN GIMKIT TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PEAJARAN FIKIH KELAS XI DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 SLEMAN TAHUN AJARAN 2023/2024)
20104010108_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN GIMKIT TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PEAJARAN FIKIH KELAS XI DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 SLEMAN TAHUN AJARAN 2023/2024)
20104010108_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Salah satu faktor rendahnya minat belajar siswa di Madrasah Aliyah Negeri 2 Sleman adalah kurangnya pemanfaatan media pembelajaran. Dalam penelitian ini, peneliti berupaya untuk menghadirkan pembelajaran yang lebih menarik sesuai dengan perkembangan teknologi serta karakter siswa di zaman ini. Media pembelajaran ini digunakan untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam mata Pelajaran Fikih. Salah satu media pembelajaran yang dapat diaplikasikan adalah jenis media pembelajaran audio visual berbasis teknologi yaitu pemanfaatan media pembelajaran gimkit. Gimkit merupakan game edukatif berbasi website yang dirancang untuk membantu siswa dalam belajar dengan cara yang lebih interaktif dan menarik. Gimkit memungkinkan guru untuk membuat kuis yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pembelajaran siswa, salah satunya pada mata Pelajaran Fikih. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh pemanfaatan media pembelajaran gimkit terhadap hasil belajar mata Pelajaran Fikih serta menganalisis seberapa besar pengaruhnya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimental design dengan menggunakan bentuk pretest-posttest control group design. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas XI yang berjumlah 34 siswa kelas eksperimen dan 34 siswa kelas kontrol. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes berupa instrument soal-soal Fikih sesuai dengan materi kelas XI. Tes yang digunakan berupa tes pilihan ganda pretest dan posttest di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Tehnik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji independent sample t-test dan effect size. Hasil penelitian ini adalah: 1) Terdapat pengaruh pemanfaatan media pembelajaran gimkit terhadap penguatan mata pelajaran Fikih kelas XI di Madrasah Aliyah Negeri 2 Sleman. Ini ditunjukkan dari hasil uji independent sample t-test yang dilakukan oleh peneliti memperoleh hasil perhitungan dengan nilai t = 4.256 nilai signifikasi p sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti hipotesis dalam penelitian ini diterima. 2) Besar pengaruh pemanfaatan media pembelajaran gimkit terhadap penguatan mata Pelajaran Fikih adalah r = 0,997, yang berarti pemanfaatan media pembelajaran gimkit memiliki pengaruh yang besar terhadap penguatan mata pelajarn Fikih.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Pembimbing: Drs. Radino, M,Ag.
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; Media Pembelajaran Gimkit; Pelajaran Fikih
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.33 Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 06 Sep 2024 13:42
Last Modified: 06 Sep 2024 13:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66804

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum