Abdul Latif, NIM.: 20104010009 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT-BASED LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR PAI DAN BUDI PEKERTI PESERTA DIDIK KELAS 10 DI SMA NEGERI 4 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT-BASED LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR PAI DAN BUDI PEKERTI PESERTA DIDIK KELAS 10 DI SMA NEGERI 4 YOGYAKARTA)
20104010009_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (3MB) | Preview |
|
![]() |
Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT-BASED LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR PAI DAN BUDI PEKERTI PESERTA DIDIK KELAS 10 DI SMA NEGERI 4 YOGYAKARTA)
20104010009_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah ketika proses pembelajaran peserta didik di kelas 10 cenderung pasif dan bersifat teacher centered. Selain itu, Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) masih belum tercukupi. Sehingga memerlukan alternatif model pembelajaran lainnya, seperti project-based learning guna meningkatan prestasi belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran project-based learning terhadap prestasi belajar PAI dan Budi Pekerti peserta didik dikelas 10 di SMA 4 Negeri Yogyakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif eksperimen (model Quasi Eksperimental Design) dengan bentuk Noneequivalent Control Group Design. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas 10 E5 dan E8 di SMA Negeri 4 Yogyakarta. Adapun pengumpulan datanya menggunakan tes prestasi belajar (pretest dan posttest) yang dijabarkan melalui statistik deskriptif. Analisis data menggunakan uji independent sample t-test dan effect size. Hasil penelitian ini adalah: 1) ada pengaruh model pembelajaran project-based learning terhadap prestasi belajar PAI dan Budi Pekerti peserta didik kelas 10 di SMA Negeri 4 Yogyakarta (t = 5,926 df = 46 dan p = 0,000 < 0,05). Berdasarkan uji independent sample t-test menunjukan nilai signifikansi 0,000 dengan nilai rata-rata nilai kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol. Sehingga hipotesis penelitian ini diterima. 2) besar pengaruh model pembelajaran pembelajaran project-based learning terhadap prestasi belajar PAI dan Budi Pekerti peserta didik di kelas 10 SMA 4 Negeri Yogyakarta melalui uji effect size mendapatkan nilai r sebesar 0,66. Nilai tersebut menunjukan pengaruh dengan kategori besar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information / Supervisor: | Pembimbing: Drs. H. Radino, M.Ag. |
Uncontrolled Keywords: | Project-Based Learning; Prestasi Belajar; PAI dan Budi Pekerti |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Metode Pengajaran, Metode Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1) |
Depositing User: | Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id] |
Date Deposited: | 09 Sep 2024 08:08 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 08:08 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66821 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |