Chusnatul Ashfiyyati Rifqoh, NIM.: 17104020072 (2024) STUDI PEMIKIRAN PROF. BERMAWY MUNTHE TERKAIT STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS TEORI KONSTRUKTIVISME DI PERGURUAN TINGGI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (STUDI PEMIKIRAN PROF. BERMAWY MUNTHE TERKAIT STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS TEORI KONSTRUKTIVISME DI PERGURUAN TINGGI)
17104020072_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (4MB) | Preview |
|
|
Text (STUDI PEMIKIRAN PROF. BERMAWY MUNTHE TERKAIT STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS TEORI KONSTRUKTIVISME DI PERGURUAN TINGGI)
17104020072_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui corak pemikiran pembelajaran Prof. Bermawy Munthe dan merumuskan strategi pembelajaran perspektif Prof. Bermawy Munthe ke dalam strategi pembelajaran bahasa Arab berbasis teori konstruktivisme di Perguruan Tinggi. Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat menghasilkan rancangan strategi pembelajaran bahasa Arab berbasis teori kontruktivisme di perguruan tinggi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan metode studi tokoh. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan wawancara terhadap Prof. Bermawy Munthe dan dokumentasi yang bersumber dari karyanya yang berjudul Desain Pembelajaran dan Strategi Mengajar Interaktif, Efektif, Student Centered. Analisis data menggunakan analisis Miles dan Huberman, yaitu pengumpulan, reduksi, penyajian, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemikiran Prof. Bermawy Munthe tentang pembelajaran berbasis teori konstruktivisme di perguruan tinggi melibatkan pendekatan yang menekankan kemandirian berpikir mahasiswa sebagai pembelajar dewasa (andragogi), dengan dosen mendukung melalui pendekatan terbuka. Konsep pembelajaran menurutnya harus mempertimbangkan visi, misi, dan profil program, serta karakteristik mahasiswa. Strategi belajar Prof. Bermawy Munthe berbasis kontruktivisme adalah pembelajaran yang bersifat interaktif, komunikatif, efektif dan student centered. Strategi pembelajaran Prof. Munthe yang paling efektif diterapkan dalam pembelajaran bahasa Arab khususnya maha>rat al-arba’ berbasis teori konstruktivisme di perguruan tinggi, antara lain: Strategi خلاصة نَورَ اليقين , Strategi Silang Pendapat, Strategi Kuartet, Strategi Sesi Meta Plano (Group Poster Session), Strategi Studi Kasus Peserta (Participant-Created Case Studies), Strategi E-mail Exchange, Strategi Application Question, Strategi Peta Konsep, Strategi Grup Berbagi Pengetahuan, Strategi Kecap No 1.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Additional Information / Supervisor: | Pembimbing: Nurul Huda, S.S., M.Pd.I |
| Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Bahasa Arab; Konstruktivisme; Perguruan Tinggi |
| Subjects: | 400 Bahasa > 490 Bahasa-Bahasa Lain > 492.707 6 Bahasa Arab - Metode Belajar |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1) |
| Depositing User: | Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id] |
| Date Deposited: | 09 Sep 2024 11:15 |
| Last Modified: | 09 Sep 2024 11:15 |
| URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66878 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |
