PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TALKING STICK DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI PADA SISWA KELAS IV DI SD NEGERI KANDAT 1 KEDIRI

M. Billah Jaya Nusantara, NIM.: 20104010031 (2024) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TALKING STICK DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI PADA SISWA KELAS IV DI SD NEGERI KANDAT 1 KEDIRI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TALKING STICK DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI PADA SISWA KELAS IV DI SD NEGERI KANDAT 1 KEDIRI)
20104010031_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TALKING STICK DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI PADA SISWA KELAS IV DI SD NEGERI KANDAT 1 KEDIRI)
20104010031_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti secara konvensional di kelas IV SD Negeri Kandat 1 menyebabkan beberapa permasalahan. Permasalahan ini termanifestasi dalam suasana pembelajaran yang membosankan, partisipasi pasif mayoritas siswa, rendahnya tingkat pemahaman materi, dan ketidakmerataan pemahaman materi di antara mereka. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis pengaruh penerapan metode pembelajaran talking stick dalam meningkatkan pemahaman materi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experimental nonequivalent control group design. Subjek penelitian ini terdiri dari 36 siswa kelas IV SD Negeri Kandat 1 Kediri, yang terbagi menjadi dua kelas, yaitu kelas IV A (19 siswa) digunakan sebagai kelas kontrol dan kelas IV B (17 siswa) digunakan sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian berupa tes pemahaman materi dan lembar observasi penerapan metode pembelajaran talking stick. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan statistik deskriptif menggunakan diagram dan tabel, statistik inferensial menggunakan uji statistik parametrik berupa uji paired sample t-test dan independent sample t-test, serta uji N-gain score. Instrumen penelitian diuji kelayakannya dengan uji validitas isi menggunakan expert judgement, uji validitas butir soal menggunakan rumus korelasi poin biserial, dan uji reliabilitas menggunakan rumus KR-20. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran talking stick berpengaruh dalam meningkatkan pemahaman materi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada siswa kelas IV. Pengaruh tersebut dapat dilihat dari hasil uji paired sample t-test (t = -5.867; df = 16; p = 0.000 < 0.05) dan hasil uji independent sample t-test (t = 2.625; df = 34; p = 0.013 < 0.05). Pengaruh yang diberikan oleh metode pembelajaran talking stick berasal dari 2 unsur utama, yaitu unsur diskusi dan unsur permainan. Selain itu, nilai N-gain score yang diperoleh dalam kelas eksperimen sebesar 0.57, menunjukkan terjadi peningkatan yang cukup baik dalam pemahaman materi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada siswa kelas IV B. Berdasarkan hasil tersebut maka hipotesis pada penelitian ini dapat diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Pembimbing: Drs. H. Nur Munajat, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran, Talking Stick, Pemahaman Materi, PAI BP
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Metode Pengajaran, Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 17 Sep 2024 14:43
Last Modified: 17 Sep 2024 14:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/67041

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum