PENGEMBANGAN MATERI BAHASA ARAB ISMUBA DENGAN PENDEKATAN TEMATIK DI SMK MUHAMMADIYAH

Faried Rochman Hakim, S.Pd., NIM.: 22204021015 (2024) PENGEMBANGAN MATERI BAHASA ARAB ISMUBA DENGAN PENDEKATAN TEMATIK DI SMK MUHAMMADIYAH. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MATERI BAHASA ARAB ISMUBA DENGAN PENDEKATAN TEMATIK DI SMK MUHAMMADIYAH)
22204021015_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MATERI BAHASA ARAB ISMUBA DENGAN PENDEKATAN TEMATIK DI SMK MUHAMMADIYAH)
22204021015_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan sebuah sumber belajar berupa buku teks Pendidikan Bahasa Arab SMK Muhammadiyah Jurusan Asisten Keperawatan Kelas 10 sebagai tambahan referensi belajar dan membantu proses belajar Pendidikan Bahasa Arab di SMK yang selama ini materi Pendidikan Bahasa Arab di SMK belum menggunakan materi kejuruan, khusus pada penelitian ini jurusan Asisten Keperawatan. Penelitian Research and Development ini menggunakan model penelitian ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) dengan subjek penelitian 26 siswa kelas 10 SMK Muhammadiyah Ponjong Jurusan Asisten Keperawatan dengan desain uji efektifitas before-after. Rumusan masalah penelitan ini adalah: 1) Bagaimana rancangan desain dan penilaian ahli terhadap pengembangan materi Pendidikan Bahasa Arab untuk SMK Muhammadiyah dengan pendekatan tematik? dan 2) Bagaimana respon pengguna dan keefektivitasan produk yang telah didesain untuk siswa SMK Muhammadiyah? Hasil penelitian pengembanga ini adalah: 1) Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) yang menghasilkan sumber belajar berupa buku teks yang bisa digunakan oleh siswa dan guru. Buku ini mempunyai ketebalan xviii + 216 halaman dan berukuran halaman A5. Buku ini telah mendapatkan uji kelayakan oleh ahli materi dengan persentase nilai 97,3% yang berarti buku pengembangan ini sangat valid. Selain mendapatkan uji kelayakan oleh ahli materi, buku ini juga mendapatkan uji kelayakan dari guru pengguna. Guru pengguna buku pengembangan ini memberikan nilai persentase sebesar 98,6% yang berarti bawah buku pengembangan ini sangat valid. 2) Berdasar pada hasil pretest dan posttest, hasil belajar Pendidikan Bahasa Arab siswa kelas 10 SMK Muhammadiyah Ponjong jurusan Asisten Keperawatan dengan teknik analisis Paired Sample t-test didapatkan bahwa nilai Sig. 2 tailed adalah 0,00 < 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima dan juga berarti terdapat pengaruh terhadap hasil belajar Pendidikan Bahasa Arab siswa kelas 10 SMK Muhammadiyah Ponjong jurusan Asisten Keperawatan setelah menggunakan buku teks ini. Menguatkan hal itu, hasil uji N-Gain terhadap nilai pretest dan posttest didapatkan nilai mean sebesar 0,65 yang masuk pada nilai klasifikasi sedang. Pada nilai persentase mean, didapatkan nilai sebesar 65% yang masuk pada nilai klasifikasi cukup efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Supervisor: Pembimbing: Dr. Dailatus Syamsiyah, S.Ag., M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Buku Teks, Pendidikan Bahasa Arab ISMUBA, SMK Jurusan Asisten Keperawatan
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.33 Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 20 Sep 2024 09:20
Last Modified: 20 Sep 2024 09:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/67146

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum