ETIKA BISNIS DALAM MENENTUKAN STRATEGI PEMASARAN MADRASAH IBTIDAIYAH AL HIDAYAH KOTA JAMBI

Nisfiyatul Bahiroh, NIM.: 17102040027 (2024) ETIKA BISNIS DALAM MENENTUKAN STRATEGI PEMASARAN MADRASAH IBTIDAIYAH AL HIDAYAH KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ETIKA BISNIS DALAM MENENTUKAN STRATEGI PEMASARAN MADRASAH IBTIDAIYAH AL HIDAYAH KOTA JAMBI)
17102040027_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (ETIKA BISNIS DALAM MENENTUKAN STRATEGI PEMASARAN MADRASAH IBTIDAIYAH AL HIDAYAH KOTA JAMBI)
17102040027_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pada dasarnya dalam hubungan usaha produksi perusahaan dalam pemasaran ada etika bisnis yang harus dipahami baik di dalam agama maupun undang-undang 1945 tentang etika dalam berbisnis atau berwirausaha. Etika bisnis memiliki peran penting sebagai cara untuk melakukan kegiatan bisnis yang mencakup seluruh aspek yang berkaitan dengan individu, perusahaan, dan masyarakat. Etika bisnis inilah nantinya yang akan memiliki peran penting sebagai pedoman dalam membentuk nilai, norma, serta perilaku individu atau perusahaan dalam melakukan strategi bisnis terutama dalam strategi pemasaran, sesuai dengan etika bisnis yang berlaku. Termasuk dalam etika bisnis dalam strategi pemasaran Madrasah Ibtidaiyah Al Hidayah Kota Jambi, tulisan ini akan memaparkan etika bisnis dan strategi pemasaran yang dipakai oleh madrasah Ibitidaiyah Al Hidayah sebagai badan jasa pendidikan memasarkan jasanya ke masyarakat sebagai konsumen. Metode penelitian menggunakan metodologi penelitian kualitatif yang menghasilkan data deskriptif atau proses pengetahuan dan pemahaman tentang suatu proses sosial. Sumber data dari penelitian diperoleh dari pimpinan dan para pengurus secara struktural, para karyawan, madrasah Ibtidaiyah Al Hidayah kota jambi. Data primer di ambil dari data wawancara dan observasi secara langsung. Sedangkan data sekunder diambil dari hasil penelitian yang lainnya, buku, jurnal, majalah, dan referensi yang sesuai. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data dengan mereduksi data, kemudian penyajian data, lalu yang terakhir dengan penarikan kesimpulan (verifikasi). Hasil dari penelitian menunjukkan MIS Al-Hidayah menjadikan etika bisnis menjadi landasan dalam pemasaran seperti ada sifat kejujuran, terbuka, dan menjaga hubungan baik sesuai SOP yang telah ditetapkan. Al-Hidayah sebagai jasa pendidikan dalam melakukan strategi pemasaran langsung terjun ke masyarakat untuk memberikan informasi terkait dengan jasa pendidikan. Penyampaian melalui interaksi mulut ke mulut dan melalui media sosial. target pemasarannya yaitu siswa-siswa lulusan Taman Kanak-kanak yang akan melanjutkan studi ke jenjang sekolah dasar yang berbasis keislaman. Tahapan strategi pemasaran MIS Al-Hidayah terbagi menjadi tiga yaitu segmentasi pasar (lebih kepada letak geografis), sasaran/target pasar (masyarakat yang ingin melanjutkan studi ke jenjang sekolah dasar), dan memposisikan produk (penyediaan produk dan layanan yang berkualitas). Adapun strategi bauran pemasaran MIS Al-Hidayah meliputi strategi produk (peningkatan kualitas jasa pendidikan), strategi harga (harga yang bersaing dan bisa dijangkau semua kalangan), strategi promosi (melaluin interaksi antar individu dan media sosial, dan strategi tempat (penempatan jasa pendidikan yang srategis dan dekat dengan jalan besar dan perumahan).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Munif Solihan, MPA
Uncontrolled Keywords: etika bisnis; strategi pemasaran; Madrasah Al Hidayah
Subjects: 600 Sains Terapan > 650 Business/Bisnis > 658.802 Komunikasi - Pemasaran
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 23 Sep 2024 10:47
Last Modified: 23 Sep 2024 10:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/67163

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum