PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SAINS PADA SISWA KELAS IV MIN KEBONAN KECAMATAN KARANGGEDE KABUPATEN BOYOLALI

Khamidah Aryani, NIM.: 02451074 (2008) PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SAINS PADA SISWA KELAS IV MIN KEBONAN KECAMATAN KARANGGEDE KABUPATEN BOYOLALI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SAINS PADA SISWA KELAS IV MIN KEBONAN KECAMATAN KARANGGEDE KABUPATEN BOYOLALI)
02451074_BAB I_BAB PENUTUP dan DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (19MB) | Preview
[img] Text (PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SAINS PADA SISWA KELAS IV MIN KEBONAN KECAMATAN KARANGGEDE KABUPATEN BOYOLALI)
02451074_BAB II sampai BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (51MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Seberapa besar peningkatan prestasi belajar sains siswa kelas IV MIN Kebonan, Kecamatan Karanggede, Kabupaten Boyolali, Tahun Ajaran 2007/2008 melalui pemanfaatan lingkungan sebagai media pembelajaran; 2) Aktivitas dan partisipasi siswa selama proses pembelajaran berlangsung; 3) Tanggapan siswa terhadap pembelajaran sains dengan memanfaatkan lingkungan sebagai media pembelajaran. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV MIN Kebonan, Kecamatan Karanggede, Kabupaten Boyolali, Tahun Ajaran 2007/2008. Data yang dikumpulkan meliputi nilai pretest dan posttest yang diperoleh siswa pada setiap siklus, data aktivitas dan partisipasi siswa yang diamati di halaman sekolah serta dalam diskusi kelompok di kelas, serta data tanggapan siswa terhadap pembelajaran dengan pemanfaatan lingkungan sebagai media pembelajaran. Data tersebut dianalisis secara deskriptif kuantitatif dengan memaparkan frekuensi dan persentasenya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan prestasi belajar sains siswa kelas IV MIN Kebonan, Kecamatan Karanggede, Kabupaten Boyolali, Tahun Ajaran 2007/2008 melalui pemanfaatan lingkungan sebagai media pembelajaran. Aktivitas dan partisipasi siswa juga tinggi selama proses pembelajaran berlangsung. Siswa kelas IV MIN Kebonan, Kecamatan Karanggede, Kabupaten Boyolali, Tahun Ajaran 2007/2008 memberikan tanggapan yang positif terhadap pembelajaran sains dengan pemanfaatan lingkungan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Pembimbing: Drs. Satino, M.Si
Uncontrolled Keywords: Materi Lingkungan, Media Pembelajaran, Hasil Belajar Sains, PTK.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.33 Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 25 Sep 2024 09:59
Last Modified: 25 Sep 2024 09:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/67222

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum