PRESENTASI DAN AGENSI MUSLIMAH MUDA DI MEDIA SOSIAL STUDI KASUS DI “KOMUNITAS BEAUTY”

Fenny Amelia, NIM.: 21200012027 (2024) PRESENTASI DAN AGENSI MUSLIMAH MUDA DI MEDIA SOSIAL STUDI KASUS DI “KOMUNITAS BEAUTY”. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PRESENTASI DAN AGENSI MUSLIMAH MUDA DI MEDIA SOSIAL STUDI KASUS DI “KOMUNITAS BEAUTY”)
21200012027_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PRESENTASI DAN AGENSI MUSLIMAH MUDA DI MEDIA SOSIAL STUDI KASUS DI “KOMUNITAS BEAUTY”)
21200012027_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berfokus pada bagaimana Muslimah muda perkotaan memanfaatkan media sosial, terutama Instagram, untuk membentuk identitas diri dan persepsi publik terhadap mereka dan juga mengkaji bagaimana komunitas beauty di media sosial telah memungkinkan Muslimah muda untuk menegosiasikan identitas mereka dengan lebih fleksibel, menciptakan citra independen yang mencerminkan kecerdasan, kemandirian, dan kecantikan yang melampaui aspek visual. Fokus tesis ini adalah untuk mengeksplorasi proses dan bentuk-bentuk baru identitas yang dipresentasikan oleh muslimah muda melalui komunitas beauty di media sosial, serta bagaimana mereka berkontribusi dalam wacana tentang nilai-nilai perempuan di era digital. Selain itu, penelitian ini menemukan bahwa media sosial juga menyediakan platform bagi Muslimah muda untuk menunjukkan sisi yang lebih personal dan autentik Analisis ini menyoroti bagaimana Muslimah muda menggunakan strategi presentasi diri melalui kurasi konten, manipulasi gambar, dan gaya bahasa tertentu untuk membangun identitas yang selaras dengan nilai-nilai Islam.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumentasi. Observasi dilakukan terhadap konten digital di media sosial yang dimiliki oleh partisipan penelitian, sementara wawancara mendalam dilakukan untuk memahami pengalaman dan pandangan mereka mengenai presentasi diri di media sosial. Dokumentasi tambahan diambil dari berbagai publikasi dan dokumen terkait. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komunitas beauty terbentuk sebagai respon muslimah muda untuk mengekspresikan diri dan membangun identitas yang menyelaraskan modernitas dan nilai-nilai Islam. Dalam komunitas ini, muslimah muda dapat menghindari streotip tradisional dan memproyeksikan citra yang modern, cerdas dan mandiri namun tetap berpegang pada nilai-nilai agama. Media sosial memungkinkan mereka memiliki strategi presentasi diri yang diterapkan di media sosial. Media sosial tidak hanya membantu dalam membangun identitas diri yang autentik dan positif, tetapi juga meningkatkan solidaritas sesama perempuan, penghargaan diri, dan menjadi agen perubahan yang menginspirasi didalam komunitas mereka.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Kailani, S.Fil.I., M.A., Ph.D
Uncontrolled Keywords: Presentasi Diri, , Media Sosial, Muslimah Muda, Komunitas
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 302.23 Media Komunikasi, Media Massa, Media Sosial
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Kajian Komunikasi dan Masyarakat Islam
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 01 Oct 2024 09:56
Last Modified: 01 Oct 2024 09:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/67323

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum