MEDIATISASI AGAMA: STUDI PADA AKUN INSTAGRAM KOMUNITAS VIRTUAL “TERAS DAKWAH”

Zainy Rofifatun Na'ifa, NIM.: 20105040084 (2024) MEDIATISASI AGAMA: STUDI PADA AKUN INSTAGRAM KOMUNITAS VIRTUAL “TERAS DAKWAH”. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MEDIATISASI AGAMA: STUDI PADA AKUN INSTAGRAM KOMUNITAS VIRTUAL “TERAS DAKWAH”)
20105040084_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (MEDIATISASI AGAMA: STUDI PADA AKUN INSTAGRAM KOMUNITAS VIRTUAL “TERAS DAKWAH”)
20105040084_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan media sosial yang begitu pesat membawa perubahan dalam kehidupan keagamaan masyarakat. Tradisi dakwah yang dulunya terpusat di pesantren kini mulai merambah ke ranah digital, hal ini ditunjukan dengan munculnya mediatisasi agama. Media sosial Teras Dakwah hadir dengan berbagai konten seputar informasi agama Islam yang dikemas berdasarkan tren terbaru sehingga menarik generasi muda untuk mengakses informasi keagamaan melalui Instagram. Tujuan penelitian ini untuk menemukan bentuk-bentuk mediatisasi agama serta menganalisis proses terjadinya mediatisasi agama pada Instagram Teras Dakwah. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif dengan metode netnografi. Sumber data penelitian ini berupa feeds, reels, IGTV dalam Instagram Teras Dakwah. Pengumpulan data diambil dari postingan tanggal 15 Februari-15 April 2024. Proses analisis data dilakukan melalui beberapa tahap diantaranya reduksi data, penyajian data, verifikasi data, dan penarikan kesimpulan. Kemudian data dianalisis menggunakan teori mediatisasi agama Stig Hjavard. Hasil penelitian menunjukan bentuk mediatisasi agama dalam Instagram Teras Dakwah terdapat tiga bentuk diantaranya representasi agama, populer Islam dan klasifikasi konten agama terdiri atas spiritual, nilai, moral. Penemuan penelitian kedua adalah proses terjadinya mediatisasi agama melalui tiga hal pertama media Teras Dakwah dan agama masih bersifat independen, kedua agama mulai mengikuti logika media serta menyesuaikan dengan bahasa populer, ketiga media Teras Dakwah telah menjadi agama atau pondasi yang digunakan oleh masyarakat sebagai sumber spiritualitas mereka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Hikmalisa, M.A.
Uncontrolled Keywords: Mediatisasi Agama, Instagram Teras Dakwah, Komunitas Virtual
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 302.23 Media Komunikasi, Media Massa, Media Sosial
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 10 Oct 2024 11:05
Last Modified: 10 Oct 2024 11:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/67740

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum