PENINGKATAN MAHARAH AL- QIRA’AH MELALUI STRATEGI CARD SORT DI MTs ASSALAAM GANDOKAN KRANGGAN TEMANGGUNG

Sultonatun Nashiroh, NIM.: 05420063 (2010) PENINGKATAN MAHARAH AL- QIRA’AH MELALUI STRATEGI CARD SORT DI MTs ASSALAAM GANDOKAN KRANGGAN TEMANGGUNG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENINGKATAN MAHĀRAH AL- QIRĀ’AH MELALUI STRATEGI CARD SORT di MTs ASSALAAM GANDOKAN KRANGGAN TEMANGGUNG)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENINGKATAN MAHĀRAH AL- QIRĀ’AH MELALUI STRATEGI CARD SORT di MTs ASSALAAM GANDOKAN KRANGGAN TEMANGGUNG)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Observasi awal dalam pembelajaran bahasa Arab di MTs Assalaam Gandokan Kranggan Temanggung pembelajaran menggunakan metode konvensional dimana proses pembelajaran berpusat kepada guru, sehingga siswa sekedar mendengar dan tidak memiliki peran aktif dalam proses belajar mengajar karena hanya bertumpu pada satu narasumber yang mengakibatkan siswa cepat bosan bahkan tidak memperhatikan pelajaran, selain itu juga ditemukan permasalahan lain, diantaranya kurangnya siswa dalam memahami teks bahasa Arab, hal itu dikarenakan latar belakang siswa yang berbeda- beda. Hasil observasi ini sebagai bahan pertimbangan peneliti dan guru untuk menghasilkan pemikiran, bahwa perlu adanya strategi pembelajaran baru yang aktif dan efektif sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi card sort dapat meningkatkan kemampuan qirā’ah siswa. Penelitian ini mereupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII B MTs yang berjumlah 40 siswa. Rencana penelitian tindakan ini meliputi II siklus. Siklus I dengan materi أنشطتي في المدرسة dan siklus II . أنشطتي في البيت Instrument yang digunakan adalah lembar observasi, pedoman wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, yaitu dengan mengumpulkan data kemudian mengorganisasikan data yang muncul agar bisa ditarik kesimpulan. Data kuantitatif digunakan untuk menganalisis data peningkatan hasil pembelajaran siswa dalam pembelajaran bahasa Arab berdasarkan skor atau presentase yang diperoleh dari hasil tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan strategi card sort dapat meningkatkan mahārah al- qirā’ah ditandai dengan adanya peningkatan dari dua siklus, yaitu nilai rata- rata post test pada siklus I adalah 7,25 dan pada siklus II mengalami peningkatan 7,82.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: R.Umi Baroroh, S.Ag M.Ag
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran, Metode Card Sort, Maharah Al Qira'ah
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Metode Pengajaran, Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 21 Oct 2024 11:44
Last Modified: 21 Oct 2024 11:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/67979

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum