Alfika Inayatul Masruroh, NIM.: 22205031058 (2024) RESEPSI HADIS DALAM KONTEN SHORTS DI YOUTUBE (TINJAUAN ATAS AKUN @ANITAINTAN). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (RESEPSI HADIS DALAM KONTEN SHORTS DI YOUTUBE (TINJAUAN ATAS AKUN @ANITAINTAN))
22205031058_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (4MB) | Preview |
|
Text (RESEPSI HADIS DALAM KONTEN SHORTS DI YOUTUBE (TINJAUAN ATAS AKUN @ANITAINTAN))
22205031058_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini mengkaji resepsi hadis yang disajikan melalui platform Youtube Shorts. Latar belakang penelitian ini didasari oleh pesatnya perkembangan media digital yang mempengaruhi cara penyampaian dan penerimaan pesan-pesan keagamaan, khususnya hadis. Youtube Shorts, sebagai salah satu fitur terbaru dari Youtube, memungkinkan penyajian konten video berdurasi pendek yang menarik perhatian generasi muda dan lebih mudah diserap dibandingkan video berdurasi panjang. Oleh karena itu terdapat dua rumusan masalah yang diajukan yakni, pertama, bentuk resepsi hadis dan tanggapan terhadap hadis-hadis dalam konten di Youtube shorts pada akun @anitaintan; kedua, analisis sentimen atas konten-konten hadis di Youtube shorts @anitaintan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi lapangan dan kepustakaan. Data primer dikumpulkan dengan mengidentifikasi konten-konten hadis pada akun-akun Youtube Shorts tertentu, seperti @anitaintan, yang dipilih berdasarkan intensitas unggahan dan jumlah subscribernya. Data sekunder terdiri dari literatur yang relevan, baik daring maupun luring, serta kitab-kitab hadis. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui studi dokumentasi, meliputi tangkapan layar dan analisis komentar pada video-video yang diunggah. Sementara dalam menganalisis data dibutuhkan teori media baru Marshall McLuhan dan konsep resepsi hadis Ahmad Rafiq. McLuhan menekankan bahwa medium komunikasi mempengaruhi pesan yang diterima oleh audiens, sementara Rafiq mengklasifikasikan resepsi hadis dalam tiga tipologi: eksegesis, estetika, dan fungsional. Hasil dari penelitian ini ditemukan pertama, peralihan teks hadis dari cetak menuju media visual (video) menjadikan praktik resepsi hadis lebih fleksibel. Hal ini juga dipengaruhi oleh gaya penyampaian konten kreator yang menarik dan tidak kaku sehingga pesan dari hadis yang disampaikan dapat lebih mudah diterima oleh pengguna Youtube shorts. Hal ini tentu menjadi karakteristik atau daya tarik tersendiri dari akun @anitaintan sehingga menarik banyak pengikut pada akun tersebut. Kedua, dapat diketahui respon positif menunjukkan presentase yang lebih tinggi dibandingkan respon negatif dan netral. Hal ini dapat dilihat dari tabel identifikasi yang memperlihatkan respon-respon positif di masing-masing kelima konten @anitaintan. Sementara itu respon negatif hanya dapat dilihat pada dua dari kelima konten @anitaintan. Begitu pula pada respon yang bersifat netral yang menunjukkan lebih banyak daripada respon negatif. Dengan demikian, media penyebaran hadis menunjukkan adanya nuansa kekinian, sehingga konten yang disajikan lebih mudah diterima oleh masyarakat terutama penonton shorts tersebut.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Dr. Ali Imron, S.Th.I., M.S.I. |
Uncontrolled Keywords: | Youtube Shorts; @anitaintan; media sosial |
Subjects: | 200 Agama > 297 Agama Islam > 297.21 Ilmu Hadis 300 Ilmu Sosial > 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 302.23 Media Komunikasi, Media Massa, Media Sosial |
Divisions: | Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Alqur'an dan Tafsir (S2) |
Depositing User: | Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id] |
Date Deposited: | 28 Oct 2024 15:17 |
Last Modified: | 28 Oct 2024 15:17 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68266 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
View Item |