IMPLEMENTASI TEKNIK REWARD DI KELAS B RA AT - TARBIYAH CIMANGGU LANGKAPLANCAR PANGANDARAN JAWA BARAT

Risma Alda Gunawan, NIM.: 17104030020 (2024) IMPLEMENTASI TEKNIK REWARD DI KELAS B RA AT - TARBIYAH CIMANGGU LANGKAPLANCAR PANGANDARAN JAWA BARAT. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI TEKNIK REWARD DI KELAS B RA AT - TARBIYAH CIMANGGU LANGKAPLANCAR PANGANDARAN JAWA BARAT)
17104030020_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI TEKNIK REWARD DI KELAS B RA AT - TARBIYAH CIMANGGU LANGKAPLANCAR PANGANDARAN JAWA BARAT)
17104030020_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini yaitu implemetasi teknik reward di sekolah tingkat Anak Usia Dini yang ada di daerah kecamatan Langkaplancar Kabupaten Pangandaran Jawa Barat, Sekolah ini memiliki implementasi teknik reward yang lebih menarik dibandingkan dengan sekolah lain. Bukan hanya pemberian reward secara verbal tapi juga dengan non verbal dengan menggunakan teknik yang lebih menarik di gunakan diKelompok yang bisa menumbuhkan hal positif terhadap perilaku peserta didik. Upaya pemberian reward ini sebenarnya tidak harus selalu dilakukan di sekolah, tetapi di rumah juga bisa dalam upaya menumbuhkan semangat anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi teknik yang dilakukan pendidik dalam pemebrian reward kepada peserta didik dan bagaimana hasilnya. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif dengan mengambil lokasi di RA At – Tarbiyah Cimanggu. Pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan meredukasi data, menyajikan data lalu memverifikasi data. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian implementasi teknik reward di kelas B RA At – Tarbiyah ini sudah cukup baik. Peserta didik menjadi lebih semangat dalam mengikuti setiap kegiatan pembelajaran dan juga mempengaruhi terhadap kedisiplinan peserta didik. Meskipun ada beberapa kelebihan dan kekurangan dalam penerapan tekni reward ini. Tapi, pendidik memilki teknik yang bagus dalam mengatasi masalah ini. Maka dapat disimpulkan bahwa reward merupakan suatu tekknik yang bisa mempengaruhi kegiatan bermain dan balajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Pembimbing: Dr. Rohinah, S. Pd.I., M.A.
Uncontrolled Keywords: reward; pendidikan karakter; peserta didik
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370. 114 Pendidikan Moral, Pendidikan Karakter
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372.21 Pendidikan Pra Sekolah/Pendidikan Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 30 Oct 2024 09:50
Last Modified: 30 Oct 2024 09:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68309

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum