TAHLIL AS’ALAH AL TAMRINAT BINA’ ‘ALA AL MUSTAWA AL TAFKIR LI TASNIF BLOOM AL MUNAQAH FI MAQRAR KHAS LI MANHAJ DARAS AL LUGHAH AL ‘ARABIYYAH AL MUSTAQALAH FI AL SAF AL SABI’ BI AL MADRASAH AL MUTAWASITAH AL HUKUMIYYAH AL ULA YOGYAKARTA LI AL ‘AM AL DIRASI 2024/2025

Gigih Yulianto, NIM.: 20104020040 (2024) TAHLIL AS’ALAH AL TAMRINAT BINA’ ‘ALA AL MUSTAWA AL TAFKIR LI TASNIF BLOOM AL MUNAQAH FI MAQRAR KHAS LI MANHAJ DARAS AL LUGHAH AL ‘ARABIYYAH AL MUSTAQALAH FI AL SAF AL SABI’ BI AL MADRASAH AL MUTAWASITAH AL HUKUMIYYAH AL ULA YOGYAKARTA LI AL ‘AM AL DIRASI 2024/2025. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TAHLIL AS’ALAH AL TAMRINAT BINA’ ‘ALA AL MUSTAWA AL TAFKIR LI TASNIF BLOOM AL MUNAQAH FI MAQRAR KHAS LI MANHAJ DARAS AL LUGHAH AL ‘ARABIYYAH AL MUSTAQALAH FI AL SAF AL SABI’ BI AL MADRASAH AL MUTAWASITAH AL HUKUMIYYAH AL ULA YOGYAKARTA LI AL ‘AM AL DIRASI)
20104020040_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (TAHLIL AS’ALAH AL TAMRINAT BINA’ ‘ALA AL MUSTAWA AL TAFKIR LI TASNIF BLOOM AL MUNAQAH FI MAQRAR KHAS LI MANHAJ DARAS AL LUGHAH AL ‘ARABIYYAH AL MUSTAQALAH FI AL SAF AL SABI’ BI AL MADRASAH AL MUTAWASITAH AL HUKUMIYYAH AL ULA YOGYAKARTA LI AL ‘AM AL DIRASI)
20104020040_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran abad 21 memerlukan keterampilan berpikir kritis dan kreatif sesuai Taksonomi Bloom Revisi, terutama pada level berpikir tinggi (HOTS). Modul ajar harus mengakomodasi berbagai level berpikir siswa dari yang rendah hingga tinggi, namun dalam praktiknya banyak guru belum sepenuhnya menerapkan Taksonomi Bloom Revisi dalam penyusunan soal, sehingga soal masih didominasi level berpikir rendah (LOTS). Oleh karena itu analisis soal latihan diperlukan untuk memastikan sebaran level berpikir pada modul tersebut., mengingat modul yang digunakan belum mempertimbangkan aspek kognitif Bloom dan hanya disesuaikan dengan kemampuan siswa. Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi level berpikir menurut Taksonomi Bloom Revisi dari soal latihan dalam modul ajar bahasa Arab kelas 7 dengan menganalisis setiap bentuk soal, dengan tujuan untuk mendeskripsikan dan memahami sebaran level berpikir dalam modul tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan sumber data berupa soal-soal latihan dari modul ajar bahasa Arab yang disusun oleh seorang pengajar disebuah sekolah menengah pertama di Yogyakarta. Analisis data dilakukan dengan metode analisis isi, dengan pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan wawancara. Hasil analisis menunjukan bahwa soal-soal latihan yang dianalisis mencakup berbagai proses kognitif dari tingkat rendah maupun tinggi, kecuali pada level berpikir C5 (Mengevaluasi). Distribusi level berpikir dalam soal latihan tersebut sebagai berikut: 40% dari 14 soal berada pada level C1 (Mengingat), 20% dari 7 soal pada level C2 (Memahami), 23% dari 8 soal pada level C3 (Mengaplikasikan), 9% dari 3 soal pada level C4 (Menganalisis), dan 9% dari 3 soal pada level C6 (Mencipta). Tidak ditemukan soal pada level C5 (Mengevaluasi). Soal-soal yang termasuk dalam kategori LOTS mencapai 83%, sedangkan soal dalam kategori HOTS mencapai 17%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Pembimbing: Dr. Muhammad Jafar Shodiq, S.Pd.I, M.S.i
Uncontrolled Keywords: Analisis, Soal latihan, Level Berpikir, Taksonomi Bloom Revisi
Subjects: 400 Bahasa > 490 Bahasa-Bahasa Lain > 492.707 6 Bahasa Arab - Metode Belajar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Widiyastuti, M.IP
Date Deposited: 06 Nov 2024 08:19
Last Modified: 06 Nov 2024 08:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68439

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum