PENGARUH PENGGUNAAN WAKTU BELAJAR DI LUAR SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII SMP IT AL KHAIRAAT YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2023/2024

Sulastri, NIM.: 17104020007 (2024) PENGARUH PENGGUNAAN WAKTU BELAJAR DI LUAR SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII SMP IT AL KHAIRAAT YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2023/2024. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PENGGUNAAN WAKTU BELAJAR DI LUAR SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII SMP IT AL KHAIRAAT YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2023/2024)
17104020007_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PENGGUNAAN WAKTU BELAJAR DI LUAR SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII SMP IT AL KHAIRAAT YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2023/2024)
17104020007_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan waktu belajar di luar sekolah siswa kelas VIII SMP IT Al Khairaat dan prestasi belajar siswa kelas VIII SMP IT Al Khairaat pada mata pelajaran Bahasa Arab. Dengan demikian, penelitian ini diharapkan dapat memberi kontribusi untuk siswa dan pengelola pendidikan dalam upaya meningkatkan kualitas belajar mengajar bahasa Arab SMP IT Al Khairaat Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan instrumen angket dan wawancara. Sebelum dilakukan penelitian, instrumen angket diuji validitas dan reliabilitas terlebih dahulu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, minat siswa dalam penggunaan waktu belajar di luar sekolah untuk pembelajaran bahasa Arab masih terbilang kurang. Ini terlihat dari minat belajar siswa yang tidak memberikan alokasi waktu khusus untuk belajar bahasa Arab di luar sekolah melainkan hanya belajar pada kondisi tertentu seperti akan melaksanakan ujian atau ada tugas. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan waktu belajar di luar sekolah untuk pembelajaran bahasa Arab bagi sebagian siswa belum menjadi prioritas. Kedua, kategori prestasi belajar bahasa Arab siswa kelas VIII SMP IT Al Khairaat diantaranya 16,7% atau 3 orang siswa berada pada kategori tidak tuntas, dan 83,3% atau 15 responden berada pada kategori tuntas. Dalam hal ini kategori tertinggi prestasi belajar bahasa Arab siswa kelas VIII SMP IT Al Khairaat berada pada kategori tuntas. Sehingga adanya waktu belajar di luar sekolah sangat membantu siswa berprestasi dalam mendapatkan nilai yang baik khususnya pada mata pelajaran Bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Pembimbing: Dr. Sembodo Ardi Widodo, S.Ag., M.Ag
Uncontrolled Keywords: Penggunaan waktu, Prestasi Belajar, Pembelajaran Bahasa Arab
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Metode Pengajaran, Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Widiyastuti, M.IP
Date Deposited: 13 Nov 2024 09:14
Last Modified: 13 Nov 2024 09:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68551

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum